ABOUT ME



About Me (Tentang Saya)


PERKENALKAN saya Rohyati Sofjan, biasa dipanggil Rohyati, Yati, Ati, bahkan Gurun atau Run (nama pena saya yang tak jadi dipakai, he he). Saya lahir dan besar di Bandung, 3 November 1975. Sekarang tinggal dengan anak dan suami di sudut kampung nun di wilayah Balubur Limbangan, Garut. Suami saya seorang buruh tani dan bangunan harian. Kerja jika ada ajakan atau proyek di kampung kami, mengikuti bosnya. Kami bukan orang dengan taraf ekonomi berkecukupan namun alhamdulillah Allah masih sayang pada kami. Pun anak lelaki kami yang usianya saat ini 9 tahun dan kelas 3 madrasah ibtidaiyah, membuat saya bahagia meski bukan lagi mamah muda sarat vitalitas menggelora.
Perjalanan menulis saya dimulai sejak Februari 1999, ada hasrat akan dunia menulis berkat minat baca sejak kecil. Tak pernah berpikir untuk jadi narablog, hanya bikin blog untuk mengarsipkan karya di Multiply dan Wordpress. Semuanya berubah sejak saya beli modem pertama, Smartfren Mobi, akses internet di rumah mendorong saya bikin blog baru di blogspot, masih dengan tujuan untuk mengarsipkan karya. Namun berkat interaksi dengan banyak teman narablog lain, saya jadikan blog sebagai sarana untuk ikut banyak lomba. Alhamdulillah, beberapa kali juara dari lomba blog yang saya ikuti, meski lebih banyak kalahnya, he he. 


Selain blog, saya juga fokus menulis untuk media massa cetak dan daring. Beberapa karya saya sudah dimuat dalam berbagai media. Inilah portofolio saya:
1. Koran/Harian Umum (H.U.)
Pikiran Rakyat, Galamedia, Bandung Pos, Suara Karya, Batam Pos, Republika, Jawa Pos, Padang Ekspres, Tribun Jabar, Denpasar Post, Pos Bali, Riau Pos, dan Rakyat Sultra.

2. Majalah, Buletin dan Tabloid
Annida, Jendela Seni Newsletter, Beni! Luar Biasa, Syir’ah, Aku Anak Saleh, Kartika, Imut, Faktual, dan Keren Beken.

3. Media Daring (Dalam Jaringan)
Cybersastra, Angsoduo, Bara News, Tribun Jabar Online, Titikoma, dan Janang.

4. Buku Antologi
Bandung dalam Puisi; Herbarium; Roh; DIAN SASTRO FOR PRESIDENT! End of Trilogy; Loktong; Viaduct; Karena Bahagia Itu Sederhana; ODE TO ROY, Kisah Para Pembaca Balada Si Roy; dan Bergerak Tak Berasap.

5. Juara Lomba
Juara 3 lomba menulis puisi spontan di Pameran Buku Bandung; juara 3 lomba cipta puisi Bandung dalam Puisi; juara 2 lomba menulis surat kepada Walikota Bandung; finalis lomba menulis Creative Writing Competition dengan cerpen “Poli”; sebagai kontributor lomba menulis esai pemuda yang diadakan Kemenpora; juara 1 lomba menulis esai Karena Bahagia Itu Sederhana yang diadakan Penerbit Asrifa; juara 2 lomba blog Tentang Ikhlas yang diadakan Ade Anita; juara 2 lomba Mozaik Blog Competition yang diadakan Penerbit Mozaik; juara favorit untuk Giveaway Sharing Moment with TwiRies yang diadakan si kembar Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki; beberapa kali beroleh hadiah giveaway dari kuis Facebook atau blog (he he, itu mah bukan prestasi kayaknya); terpilih sebagai kontributor bagi buku ODE TO ROY, Kisah Para Pembaca Balada Si Roy, untuk memperingati 30 tahun Balada Si Roy karya Gol A Gong yang tetap eksis sampai generasi sekarang. Dan terakhir menjadi kontributor bagi buku Bergerak Tak Berasap yang diadakan  Dinas Perhubungan Bandung.

6. Jadi Narasumber
Di pelatihan menulis Klub HARDIM Bandung, untuk memotivasi. Lalu narasumber bersama Pak Tendy K. Somantri untuk kelas mata kuliah yang diampu Bu Senny Susan Al Wasilah di kampus Unpas Bandung. Selain itu pernah ikut konvensi bahasa yang diadakan Forum Bahasa Media Massa (FBMM) di Wisma Kompas-Gramedia Pacet, Cianjur.

Maaf, jika portofolionya membosankan. Ke depan tak tahu apa lagi pencapaian yang diraih. Saat ini berjuang saja untuk mencapai segala asa dan cita-cita. Mencoba bangkit kembali setelah hiatus sangat lama di pertengahan tahun 2014 sampai akhir 2017. Bagi saya tahun 2018 adalah masa untuk bangkit setelah terpuruk sekian lama. Lalu tahun 2019 dan selanjutnya semoga Allah memberi umur dan kesehatan bagi saya agar bisa terus produktif dalam berkarya.
Terima kasih banyak dan salam.
Cipeujeuh, 16 Januari 2019
Rohyati Sofjan

SMS dan WA (chat only): 0881-5725-962 (Smartfren)

10 komentar:

  1. Waahh keren mbaaaa, nah gini dong, jadi ada kontaknya dan ada biodatanya hehehe

    Meskipun sebenarnya, tanpa dijelaskan semua juga pasti ngeh, kalau empunya blog ini penulis keren sejati.

    Semoga ke depannya jadi lebih baik ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Rey. Saya baru tahu bahwa inilah halaman yang paling dibutuhkan narablog untuk menjelaskan perihal dirinya, sekalian promosi. Semoga saja kelak ada perusahaan atau agensi yang percaya dan mengajak kerja sama. Hatur nuhun atas segalka kunjungan dan masukannya yang sangat spesial.
      Semoga juga. Aamiin.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah, Teh Anggi. Meski tidak sebanding dengan pencapaian prestasi penulis lain. :) Hatur nuhun pisan.

      Hapus
  3. Dulu sewaktu baru buat blog dan sedang cemungutz-cemungutznya ngejar Adsense, blog saya punya About Me.

    Namun seiring waktu dan sering ganti2 template, saya jadi males edit2 lagi, hingga akhirnya cuma tersimpan di dalam Halaman Blog.

    Semakin hari blog Mbak Rohyati ini semakin keren dan menampakan perkembangan yang sangat memukau. Woww..... Kerennn Abis menu2nya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalau ganti template maka ABOUT ME akan hilang atau berubah, Kang? Harus bikin baru lagi atau pasang baru? Lelah atuh da.
      Terima kasih, Kang. Cuma beberapa hari ke belakang saya banyak vakumnya. Mohon maaf. Sekarang saya malah drop dan tak semangat isi blog. Paling jelajah blog dan lakukan kunjungan balik. Cuaca Februari bikin saya tak fit dan alami nyeri jadinya kepala puyeng.
      Mau saya tetap sehat agar bisa lanjut ngeblog dengan leluasa. Duh.

      Hapus
  4. banyak sekali prestasi yang udah di raih mbak, pastinya harus di sukuri, dan salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum seberapa dan tidak sebanding dengan narablog lain, kok. Namun terima kasih. Salam kenal juga. Saya bersyukur karena bisa beroleh banyak jalinan silaturahmi dan tambahan ilmu yang berfaedah lewat blog.

      Hapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Bukan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. Rohyati Sofjan

Belajar dari Sesama Ibu Rumah Tangga Penulis

MENJADI   ibu rumah tangga dengan profesi penulis sebagai tambahan kegiatan sekaligus sumber nafkah bukanlah perkara mudah, namun bu...