Senin, 08 Maret 2021

Asah Kompetensi di Skill Academy


kelas online instagram di skill academy

 

 SKILL adalah kemampuan mendasar yang harus dimiliki seseorang jika ingin beroleh pekerjaan idaman demi taraf hidup lebih baik. Akan tetapi, tidak banyak orang tahu bagaimana cara untuk melatih skill sesuai minat dengan harga terjangkau dan tepat sasaran, padahal ada Skill Academy by Ruangguru sebagai solusi.

 

Apa Itu Skill Academy?

 

Skill Academy adalah tempat kursus daring (online) yang terintegrasi dengan program pemerintah,  menawarkan beragam kelas untuk melatih skill dan meningkatkan kompetensi kita mengenai bidang pekerjaan pilihan.

Bukan hanya keterampilan saja, ada pengetahuan dasar dan lanjutan yang bisa diperoleh peserta kelas daring. Kita bisa belajar kapan dan di mana saja dengan beragam materi  ajar dan pelatihan yang diberikan instruktur profesional.

Waktu dan harga yang fleksibel adalah nilai tambah Skill Academy yang merupakan bagian dari Ruangguru. Yang sudah tentu merupakan penyedia kursus daring pelatihan prakerja tepercaya.

 

Berapa Harga Pelatihan Prakerja di Skill Academy?

 

Terjangkau! Itulah kesan yang saya dapat ketika menelusuri situsnya. Ada banyak kelas pelatihan prakerja yang sungguh menggoda.  Tentu saja, kelas itu dilengkapi dengan sertifikat pelatihan yang bisa diperoleh peserta dengan cepat begitu pelatihan selesai. Sertifikat itu penting bagi peserta demi menambah CV ketika melamar kerja di suatu perusahaan, atau sebagai penyemangat telah lulus uji kompetensi plus tambah keahlian.

 

Berikut ini contoh Kelas Online Pelatihan Prakerja Skill Academy dan harganya.

1   Kelas Bisnis dan Keuangan.





Kelas ini bagi peserta prakerja yang ingin meningkatkan kompetensi dalam hal dunia bisnis dan keuangan.

Sebagai admin sekaligus pendiri komunitas follow loop Instagram  @indonesia_saling_follow yang setiap sesi sebulan sekali selalu ramai diikuti ratusan peserta, saya paham betapa pentingnya Instagram untuk menunjang promosi dan pemasaran bisnis yang dirintis. Apalagi aplikasi Instagram kian populer di Indonesia, itu merupakan sarana efektif untuk mengenalkan bisnis kita.

Feed yang rapi dan menarik dari segi visual sekaligus informatif, penting diperhatikan. Akan tetapi, hal demikian saja tidak cukup. butuh tambahan ilmu lain dari pakarnya, instruktur berpengalaman yang bisa melatih peserta kelas Sukses Bisnis Online Shop di Instagram, dengan instruktur Michael Sugiharto seorang online business expert, pendiri dan direktur Digimaru (Digital Marketing Campus), sekaligus direktur strategi bisnis dari Outletz.id.

Kita bisa belajar dari beliau tentang bagaimana langkah-langkah untuk membangun toko daring (online shop) dari awal hingga bisa eksis di Instagram.   

Harga kelasnya juga terjangkau, hanya 272 ribu rupiah. Itu sudah merupakan harga diskon. Dengan perincian belajar berupa 8 topik, 32 materi, 3 jam, 16 menit.

Kita bisa belajar banyak hal berupa:  pengenalan kelas, Instagram sebagai media online shop, mencari produk yang tepat untuk berjualan, membuat konten, memulai promosi, mengatur pesanan, mengembangkan bisnis, dan ringkasan online shop.

Kelas Pak Michael Sugiharto pastinya menarik. Ada 24 video, 1 dokumen, pre exam, exam, plus sertifikat. Jika Teman-teman termasuk peserta prakerja dan ingin merintis bisnis di Instagram, tidak ada salahnya ikutan kelas ini. Skill kita akan diasah dari awam sampai mahir dan paham.   

 

2. Kelas Pemasaran.





 Bagaimanapun, bisnis kita harus dipasarkan dengan baik. Jika kita aktif berbisnis di Instagram dan masih bingung bagaimana cara menulis konten yang baik sekaligus informatif plus menarik agar grafik penjualan melejit, ikutilah kelas Copywriting: Trik Merangkai  Kata untuk Tingkatkan Penjualan dengan instruktur Nabila Aidid seorang UX Writer GoJek.

Ada 6 topik, 19 materi, 2 jam. 51 menit. Berupa apa sajakah? Hal menarik yang melatih skill kita untuk paham apa itu copywriting, pengetahuan yang harus dimiliki copywriter,  kemampuan yang harus dimiliki copywriter, langkah dasar menulis copy, menulis copy di media cetak dan digital, dan ringkasan copywriting.

Dengan harga 215 ribu rupiah kita akan beroleh banyak manfaat dari kelas copywriting. Tentunya kita ingin ilmu tambah cling agar rupiah gemerincing. 12 video, 2 dokumen, pre exam, exam, dan sertifikat adalah pintu  pembuka rezeki pilihan kita agar kian semangat ikhtiar lewat Instagram.  

Yah, keberadaan Indonesia Saling Follow adalah pintu pembuka silaturahim dengan sesama pengguna Instagram Indonesia yang ingin janjian saling follow, tetapi kita juga harus punya ilmu mendasar demi meningkatkan pemasaran agar penjualan tidak stagnan.

 

3. Kelas Pengembangan Diri.





Nah, ini dia! Jualan itu butuh kesabaran dalam menghadapi konsumen atau calon konsumen. Saya paham banget bagaimana sulitnya menghadapi beragam karakter peserta Indonesia Saling Follow. Dari seribuan lebih yang sudah jadi peserta sejak awal mula berdirinya pada 16 Juli 2019 sampai sekarang,  ada banyak watak ajaib yang harus saya hadapi.

Menguras emosi dan kesabaran, plus kuota dan waktu dan tenaga. Apalagi sekarang saya mengelolanya sendirian sejak Maret 2020 begitu mengubah sistem dengan ada donasi, jadi lebih intens mengurus peserta yang 6 Maret ini baru saja selesai acara dan diikuti 300 lebih akun. 343 dikurangi 8 akun saya pribadi plus komunitas.

Kebayang bagaimana ripuh-nya menghadapi ragam karakter dengan kehidupan masing-masing. Bukan hal mudah. Beberapa bulan lalu ada yang ngegas waktu diingatkan dan diarahkan baik-baik pakai bahasa santun.

Itu meninggalkan bekas yang tidak baik juga bagi saya pribadi karena biasanya steril dari sikap dan kalimat bernada garang. Ya, beginilah seorang disabilitas pendengaran, jalani hidup tenang dari bising percakapan lisan, sampai kalimat yang kurang baik diucapkan secara langsung dalam tulisan personal.

Karena itulah, penting bagi pelaku bisnis Instagram membekali diri dengan pengetahuan, tentang bagaimana melayani pelanggan  dalam pelayanan terbaik. Sebab, untuk komunikatif tidak bisa langsung beres, butuh proses. 

Kita akan dibimbing Kak Putri Lisa Erdiyanti, seorang trainer personal development yang saat ini bekerja sebagai Commercial Operations di Lazada.  Dengan 9 topik, 23 materi, 3 jam, 2 menit untuk melatih skill berupa gambaran materi dalam kelas, pengenalan customer service, sudut pandang pelanggan, pengenalan terhadap pelayanan terbaik, membangun keakraban dengan pelanggan, memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan, menghadapi ekspektasi pelanggan, memonitor masalah pelanggan hingga tuntas, dan rangkuman.

Dengan 215 ribu rupiah kita bisa beroleh banyak manfaat. Kelasnya terdiri dari 13 video, 2 dokumen, pre exam, exam, dan sertifikat  Pelanggan adalah pembuka pintu rezeki kita, tentunya untuk mengetuk pintu itu butuh kesabaran dan pemahaman mengenai aspek psikologis sekaligus perhitungan ekonomis dalam ritme dinamis. Ini mengenai bisnis yang humanis agar berbuah hal manis.

 

4. Kelas Teknologi dan Software.





Jika ketiga hal di atas sudah kita kuasai dengan mengikuti kelasnya, mari belajar teknologi dan perangkat lunak. Era industri digital membuat kita tidak boleh selamanya gaptek alias gagap teknologi.   

Saya tahu mayoritas pelaku bisnis jualan produk barang atau jasa di Instagram adalah perempuan, kebanyakan ibu-ibu, dengan kisaran umur 20-an sampai 50-an. Mereka begitu antusias kelola bisnisnya. Adanya Indonesia Saling Follow juga bisa membantu peserta untuk fokus pada binisnya karena tidak perlu bingung atau repot cari teman janjian saling follow seterusnya yang amanah dengan konten positif.





Alhamdulillah, saya bersyukur masih diberi umur, kesehatan, dan kesempatan untuk kelola komunitas. Meski saya sendirian pegang 8 akun, belasan grup DM aktif di akun @tanja_indonesia_saling_follow plus meladeni obrolan dari peserta atau calon peserta dengan ragam pertanyaan sampai keluhan, dan mengurus beberapa WAG internal saling media sosial bagi peserta Indonesia Saling Follow bulan berlangsung yang tidak kena penalti; setidaknya hidup saya bisa didedikasikan bukan hanya untuk keluarga dan diri sendiri, bisa bantu orang lain dengan cara yang dibisa.

Hal yang menyenangkan adalah ketika saya bisa berbagi pos informatif mengenai panduan keamananan dan pengamanan Instagram. Ada banyak bahaya mengintai dari luar dan kita harus punya tameng. Saya hanya bisa bagikan di feed komunitas, belum menuliskan detailnya di blog sendiri. Mood sering keburu berantakan karena sibuk dan kelelahan, hu hu hu.     

Yah, saya hanya bisa berbagi ilmu dari pengalaman. Karena untuk mengenal dan memahami Instagram dengan baik butuh interaksi intens yang terkadang dibarengi deg-degan, seiring algoritma Instagram selalu berubah jadi sudah kenyang alami berbagai masalah.

Januari percobaan peretasan dari pihak lain yang  alhamdulillah gagal tetapi membuat akun Utama dan Double dikunci sementara oleh Instagram, lalu akhir Februari akun diragukan, semoga Maret dan seterusnya tidak alami hal buruk lagi. Lelah rasanya berurusan dengan  serangan manusia sekaligus mesin.

Teman-teman jangan lelah untuk belajar hal baru, ya. Hidup ini janganlah stagnan. Waktu terlalu berharga untuk disia-siakan. Mari belajar hal baru untuk tambah skill kita jadi lebih mumpuni.  

Mengisi konten Instagram juga tidak semata bersandar pada tulisan. Ada segi grafis dan visual yang harus kita kuasai.  Skill Academy lagi-lagi menawarkan nilai lebih!

Bagi kita yang pemula, tidak ada salahnya Belajar Desain Grafis  dengan Mudah Menggunakan Adobe Photoshop  dipandu instruktur Bimo Satrio Mukti, seorang desainer kreatif profesional. Keahlian dan pengalamannya bisa melatih kita untuk belajar dasar penting dalam hal desain.

227 ribu rupiah terasa sepadan dengan transfer ilmu yang bisa kita dapatkan. 5 topik, 25 materi, 4 jam, 33 menit untuk  pengenalan pembelajaran, ilmu terapan yang penting, retouching, simpan dan pindahkan, lalu ringkasan Adobe Photoshop.

Karena belajar Adobe Photoshop, tentunya 19 video, 2 dokumen, pre exam, exam, plus sertifikat adalah bonus sebagai bagian dari perolehan skill kita.      

Sungguh, kursus di Skill Academy itu sangat menguntungkan Terutama bagi para penerima program Kartu Prakerja dari pemerintah.  Pada dasarnya Skill Academy adalah pelantar (platform) terbaik  untuk program prakerja. Aplikasinya mudah digunakan dan tersedia di Google Play Store.

Sejak pandemi, berapa banyak masyarakat yang terkena dampaknya? Saya juga pernah dan masih merasakan dampaknya. Sebagai istri buruh tani dan bangunan, rahun lalu mendadak suami terpaksa tidak bekerja sebagai laden lagi karena PSBB (pembatasan sosial berskala besar), proyek bangunan di kampung saja tertunda karena pemilik proyek tidak mau ambil risiko. Ditambah banyak toko material yang tutup. Lalu kesempatan bekerja di luar kota pun tertutup karena tawarannya berada di wilayah yang masih zona merah.

Sedih banget ketika harga jagung kering jenis hibrida untuk industri ikut turun, tahun sebelum pandemi mencapai 3.900 per kilogram (soalnya saya menampi jagung kering sampai bersih dari serpihan kulit ari hingga beroleh bonus harga baik meski harus kepanasan dan  gatal-gatal kena merang). Tahun kemarin hanya 2.500  rupiah per kilogram. Tanpa saya tampi karena diburu waktu PSBB  dan harga tetap jatuh disamaratakan oleh bandar sebab masih banyak pabrik tutup dan kendaraan dilarang melintas kota lain atau dibatasi.

Sekarang keadaan belum sepenuhnya membaik, masih banyak yang menganggur karena PHK, masih banyak peserta setia Indonesia Saling Follow terkena imbasnya, terutama yang punya usaha  jasa atau travel privat atau agen barang dan kerajinan.   

Bahkan harga jagung kering  saat ini hanya 3.500 rupiah per kilogram. Entah apakah nanti turun lagi atau naik. Baru panen kemarin di kebun Ciarus yang jauh di seberang timur lembah perbatasan dua kampung dan belum dipipil.

Ada beberapa tahapan proses yang harus diselesaikan pascapanen Jumat kemarin:  pipil, jemur, angkat, pipil, jemur, angkat terus berhari-hari sampai kering benar di musim hujan, lalu tampi sampai bersih sebelum dijual.

 Setidaknya program pemerintah dengan pengadaan Kartu Prakerja bisa meringankan beban masyarakat. Pemberian intensif yang bisa digunakan untuk mengambil kelas prakerja di Skill Academy adalah satu kesatuan demi pemberdayaan masyarakat dalam hal skill.

Tentunya kelas dalam Skill Academy itu menawarkan bonus tambahan, ikut Career Mentoring yang merupakan panduan agar kita bisa membuat CV, menulis surat lamaran, menyusun profil Linkedin, dan menghadapi wawancara.    

Oh ya, ikuti juga akun Instagram Skill Academy, banyak informasi yang menarik. Bahkan ada kompetisi modal usaha yang sayang untuk dilewatkan. Ada juga kanal YouTube kalau ingin menyimak secara audiovisual. Kontennya menarik banget. Ada tips dan obrolan asyik. Blognya juga tidak kalah informatif.   

 

Kita hidup di masa suram karena pandemi melanda dunia, tetapi bukan berarti kita hanya pasif menerima keadaan. Hidup harus bergerak aktif dan ambil peluang. Skill Academy menawarkan peluang demi mengasah dan meningkatkan keahlian agar terampil mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan. Bahwa masa depan sangat layak diperjuangkan.

Silakan kunjungi situs Skill Academy dan daftarprakerja com untuk kenal lebih jauh. Saya hanya bagikan informasi sebagian kecil pengenalan kelas yang sekiranya bermanfaat bagi pengguna Instagram. Ada banyak ratusan kelas di Skill Academy.

Toh, sebagai admin saya tidak mendaftar agar beroleh bantuan prakerja. Alhamdulillah, sudah punya penghasilan mandiri lewat donasi dari peserta khusus Indonesia Saling Follow yang ingin beroleh kemudahan dalam mengikuti acara berupa tidak tayangkan poster follow me dan durasi balas follow lebih lama sepekan dari tenggat peserta biasa.

Hal yang saya butuhkan dari pemerintah adalah bisa beli pupuk bersubsidi soalnya bukan penerima PKH pula. Harga pupuk sangatlah mahal dan terasa memberatkan untuk garap 3 kebun bagi hasil titipan orang di 3 lokasi berbeda dengan luas 50 rombak, 90 tombak, dan 300 tombak. Butuh modal besar padahal keuntungan tidak seberapa. Dari lahan yang per tombak sama dengan 14 meter persegi.  Malah  curhat, hi hi hi.  

Balubur Limbangan, Garut, 7 Maret 2021

 

Desain Canva dan tangkapan layar situs Skill Academy

 

SUMBER REFERENSI:

Situs Skill Academy: https://skillacademy.com

Instagram Skill Academy: @skillacademy.id

YouTube Skill Academy:  Skill Academy

Blog Skill Academy: https://blog.skillacademy.com 

Blog Daftar Prakerja: https://daftarprakerja.com

    

13 komentar:

  1. Terima kasih atas sharing ilmunya. Di masa pandemi ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan kehilangan semangat bekerja. Tentunya program yang ditawarkan prakerja ini membuat harapan baru. Seperti digital marketing menjadi naik daun di saat pandemi ini. Tentunya dibutuhkan ilmu yang tepat dari pakarnya seperti skill academy ini

    BalasHapus
  2. kenal skill academy sejak awal pandemi karena ngasih kelas gratis.. waktu itu kelas gratisnya cuma sedikit, beda sama sekarang udah buanyak banget..

    untuk pelatihan non-teknis, saya sering pakai layanan ini..

    BalasHapus
  3. Menarik soal kelas pengembangan diri itu. Memang menghadapi klien itu butuh ilmu, nah apa yang diajarkan di sini bisa jadi modal kita ngadepin mereka.

    BalasHapus
  4. Informasi kelas skill academy nya sangat menarik mbak, saya jadi tergoda untuk memilih salah satu kelasnya. Curcol khas buibunua juga membuat ssya teringat, tahun lalu kami juga panen jagung merugi karena harga cuman 2.500 per kg nya. Malah nombok kami juga, heu heu heu jd ikutan curcol, tapi tetap semangat trus ya mbak. 🙏🏿

    BalasHapus
  5. Materi di aplikasi Skill Academy cukup berkualitas dengan mentor yang berkompeten, ilmu yang sangat dibutuhkan bagi peserta kartu prakerja dan yang ingin berusaha secara mandiri

    BalasHapus
  6. Materi skill akademi menarik, menjawab kebutuhan orang zaman sekarang ya kak. Semangat untuk terus berbuat baik kak. Harga jagung betul-betul anjlok ya kak, semoga bisa terus fight dan berkarya selalu kak.

    BalasHapus
  7. Bener banget nih mbak, di Skill Academy banyak diskon dari tiap kelas-kelasnya. Seneng bisa daftar di sana

    BalasHapus
  8. Ini yang lagi booming banget ya. Di tv pun sampai disiarkan khusus seperti ruang guru. Sangat membantu sekali di masa pandemi sekarang.

    BalasHapus
  9. Aku jadi mau cerita nih kemren ikutan prakerja gel.12 aku ikutan kelas skill academy juga yang tips jadi yucuber hihi pemateri nya kak gitasav ,super duperkeren

    BalasHapus
  10. Terharu banget sama mbak rohyati sofjan. Tantangan hidup luar biasa, tapi tetap semangat berjuang! salut mbak

    BalasHapus
  11. Pilihan kelasnya sangat banyak ya. Semoga cukup membantu dalam hal materi bagi teman-teman yang membutuhkan. Apalagi kelasnya berlangsung daring. Worth it sih rasanya harga segitu dengan sekian pertemuan. Cukup terjangkau.

    BalasHapus
  12. SSkill academy sangat lengkap pilihannya ya kak. Harganya terjangkau juga. Masya Allah kak Rohayati perjuangannya luar biasa. Seorang ibu yang betul-betul memiliki semangat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain. Semoga semua bernilai ibadah ya kak

    BalasHapus
  13. wah memang Skill Academy ini bisa jadi pilihan untuk meningkatkan ilmu dan skill ya teh apalagi di masa pandemi seperti ini, harganya juga lumayan banyak diskonnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

7 Rekomendasi Merk Kaos Polo

      Kaos polo jadi salah satu tipe kaos yang sangat dicari oleh banyak pria. Kaos polo cocok untuk pria yang mau terlihat rapi, tap...