Rabu, 04 Maret 2020

Tas Blacuk Pengganti Kantung Plastik


tas blacuk


Cara Praktis Kurangi Pemakaian Plastik dengan Tas Blacuk

 


Tas  adalah alat untuk membawa sesuatu dengan cara disandang atau ditenteng. Cara sandang sendiri terbagi dalam kategori disampirkan di badan, entah itu dengan cara model selempang atau di belakang punggung (bahkan di depan dada kalau mau). Model tas selempang ada yang tali panjang atau pendek. Sedang tas yang disandangkan di punggung biasa disebut ransel.


Bicara soa; tas, yang akan saya bahas adalah tas untuk menggantikan pemakaian kantung plastik yang kini sudah kian parah mencemari lingkungan akibat kurangnya kesadaran manusia sendiri untuk menjaga alam demi masa depan Bumi.

Tas bahan kain adalah solusi yang tepat untuk mengurangi pemakaian plastik karena lebih aman dan mudah ducuci. Pemakaiannya juga berjangka lenih lama daripada kantung plastik yang sering digumakan untuk sekali atau dua kali pakai.

Yang terbaik dari tas bahan kain adalah tiadanya kemungkinan pencemaran lingkungan alam bentuk limbah rumah tangga karena sifat serat kain yang terbuat dari kapas itu mudah diurai. Bahan kain blacu sangat umum untuk digunakan sebagai kain serbaguna karena sifat dasarnya sendiri.


Apakah Belacu atau Blacuk Itu?


Tas Vlacuk Bogor
Label Tas Blacuk


Yuk googling untuk tahu arti belacu itu. Menurut KBBI daring belacu adalah kain mori yang masih mentah (belum dimodifikasi) sehingga warnanya agak kekuning-kuningan.

Kain mori menurut Wikipedia adalah kain tenun berwarna putih yang digunakan untuk bahan membatik. Bahan baku kain mori terbuat dari serat alam seperti katun, rayon,  dan sutra.


Ada dua jenis kain mori:

1. Yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching,
2. Kain mori yang belum diputihkan.

Jadi, belacu itu terbuat dari jenis kain mori yang bagaimana?

Yang belum diputihkan adalah kain mori untuk belacu. Jadinya aman dijadikan wadah untuk membungkus atau menyimpan bahan makanan.

Itulah sebabnya mengapa tas untuk menggantikan peran kantung plastik lebih baik dari jenis kain mori yang belum diputihkan. Bahannya memang sederhana serta cendering agak kasar tetapi aman digunakan untuk pemakaian jangka panjang.

Ah, ya, saya tidak ingin ikut andil sebagai perusak Bumi. Saya pun peduli untuk berupaya mengurangi pemakaian plastik, Sering jika ke warung upayakan bawa kantung plastik bekas pakai yang masih bersih. Meski kadang suka terlupa.      

Hal yang menyenangkan dari tas Blacuk adalah bahannya yang memang jenis kain mori.   .

Makanya saya senang sekali dapat kiriman hadiah tak terduga dari seorang teman yang merintis bisnis tas ramah lingkungan sebagai ganti kantung plastik. Itu adalah hal yang paling saya butuhkan agar bisa menerapkan gaya hidup yang lebih baik lagi.  Namanya tas Blacuk buatan Bogor, usaha rintisan Pak Anton Ardiyanto, admin blog Maniak Menulis, Lovely Bogor dan blog lainnya.


Berkenalan dengan Tas Blacuk Buatan Bogor


Blacuk blacum model apel


Sederhana, itu adalah lkesan pertama saya. Desainnya simpel tetapi ceria karena saya beroleh model sablon apel merah yang lucu. Pantas disandang para cowok seperti Palung dan ayahnya, kok.

Bisa dibawa ke pasar atau bepergian juga tetap gaya. Sekadar tempat menampung bekal makan siang suami ke kebun juga tidak masalah.

Harapan saya ada lebih banyak desain sablon untuk tas Blacuk. Juga ukuran lebih beragam, besar dan kecil, termasuk super besar. harga bisa disesuaikan.

Saat ini ada 3 model tas Blacuk:

1. Blacuk B-0001
2. Blacuk B-0002
3. Blacuk B-0003


Saya sendiri dapat Blacuk B-0003 yang sablon apel merah menyala cerah.  Model B-0001 dan B-0002 hijau teduh dengan sablon beragam variasi. Keren, kok, modelnya. Ada bapak-bapak lagi dorong troli untuk belanja: DAD ON DUTY. Hi hi, lucu melihatnya. Ayah pun harus siap merangkap peran penting lain sebagai penyedia bahan makanan di rumah yang didapat dari hasil belanja. 

Tak usah bingung mengemas belanjaan, pan ada tas Blacuk yang keren dan kuat karena jahitannya rapi. Bisa digunakan siapa saja yang peduli pada masalah lingkungan. Tua-muda, lelaki-wanita, anak-anak- orang dewasa yang tinggal di desa maupun kota. Hayu, ber-Blacuk ria!

Pada dasarnya tas memudahkan kita dalam bermobilitas. Hanya saja, jenis tas ramah lingkungan belum begitu populer penggunaannya meski sudah banyak yang berkampanye soal pengganti kantung plastik dengan tas jenis kain yang lebih aman, tetap saja masyarakat banyak  yang belum teredukasi dengan baik.

Masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk peduli pada pengurangan kantung plastik dan menggantinya dengan tas kain ramah lingkungan sekaligus aman digunakan sebagai tempat membawa bahan makanan , merupakan celah pasar bagi pelaku bisnis yang peduli pada lingkungan dengan produk yang reuseable, 

    Tentunya hal demikian sangat membantu masyarakat yang peduli pada kelangsungan hidup Bumi karena masalah sampah plastik sudah jadi isu dunia. Mereka punya pilihan untuk menggunakan tas kain yang aman sekaligus tetap kuat digunakan. Sebab, satu tas Blacuk bisa menggantikan puluhan penggunaan kantung plastik.

Bagi masyarakat yang belum tahu cara terbaik sekaligus alternatif pengganti kantung plastik, mereka bisa gunakan tas Blacuk yang dipasarkan di akun Instagram @blacuk2018 atau situsnya di www.blacuk.com.  Tinggal hubungi adminnya untuk tanya-tanya dulu.  Tanya sama saya juga boleh sebagai penghubung jika ingin disegerakan setelah baca artikel ini, he he.


Deskripsi Produk Tas Blacuk


Ras Blacuk Mudah Dilipat   mudah dilpat




Bahan       : kain mori.
Bentuk      : persegi dan bisa dilipat dengan adanya tali dan kancing.
Warna       : putih dengan sablon aneka rupa.
Jahitan      : rapi dan di bagian untuk tali pakai jahit tindas yang kokoh ada perekat untuk mengaitkan.
Kontak akun Instagram di @blacuk2018 dan www.blacuk.com  


Ah ya, merusak dan mencemari bumi adalah hal yang mudah. Merawat dan memperbaikinya itulah yang paling susah. Kita punya pilihan apakah bisa mencegah kerusakan lebih lanjut. Harga satu tas Blacuk yang puiluhan ribu itu adalah upaya hemat plastik sekaligus hemat uang kita karena tidak perlu beli kantung plastik jika harus belanja di pasar, sekaligus membantu pedagang kecil di pasar untuk menghemat modal produksi.

Lebih penting lagi, kita bisa menghemat  biaya yang harus dikeluarkan generasi penerus karena pencemaran lingkungan dalam berbagai bentuk itu hal serius. Ketika tanah, air , dan udara terkontaminasi limbah plastik, merekalah yang harus menanggung akibatnya.

Mari bergerak untuk menjadikan bumi sebagai tempat tinggal yang lebih baik bagi kita sekarang sampai generasi penerus mendatang. Kantung plastik yang dianggap murah itu ternyata berbahaya jika digunakan dengan semena-mena.

Jagalah bumi yang indah ini agar tetap sebagai rumah bagi hidup yang tenteram. Sebab ada hak makhluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan yang harus kita perhatikan. Terlalu banyak berita menyedihkan tentang sungai dan laut yang tercemar.

Selamat datang untuk hadirnya tas Blacuk. Semoga sukses berkontribusi demi kelangsungan masa kini dan mendatang bumi beserta penghuninya.

Salam,
@rohyatisofjan (Twitter dan Instagram)

#Cipeujeuh, 2-3 Maret 2020, ditulis di antara kesibukan sebagai admin  follow loop Instagram Indonesia Saling Follow

Foto jasil jepretan ponsel ANDROMAX B dengan editan Canva.
#Blacuk#TasBlacuk #Bogor #BlacukBogor  #ODOPEstrilook #Estrilook #Maret2 #ODOPMaret2 #SHSTMaret2

21 komentar:

  1. Sekarang semakin banyak industri yang peduli dengan lingkungan ya mba, cukup membantu orang-orang yang mau mulai memperbaiki habit dalam penggunakan plastik di-keseharian :D

    By the way, desain tas blacuknya juga bagus ~ simple minimalis, jadi saat dibawa belanja pun membuat happy :3

    BalasHapus
  2. Wahhh tas ini sering saya gunakan jika keluar rumah, apalagi kalau ke kampus.. Karena muatannya bisa banyak dan praktis gitu.. Jadi lebih simple dan enak untuk dibawa kemana mana

    BalasHapus
  3. tas ini emang sangat bagus utk pengganti kantong plastik.. dan ramah lingkungan pastinya

    BalasHapus
  4. Keren banget Tas Blacuk ini, saat ini sudah banyak modern trade yang meniadakan plastik, saatnya kita beneran ganti kebiasaan, dengan mengurangi plastik..

    BalasHapus
  5. aku baru tau info detailnya tentang tas blacuk mba. ternyata bagus juga ya mba. makasih infonya. :D

    BalasHapus
  6. Semakin banyak yang peduli dengan kelangsungan bumi gini, aku suka mba. Soalnya klo apa2 di kresek in plastik....buanyak bngt sampah plastik yang akhirnya jd limbah.

    Klo tas belacuk ini aku blm punya sih MB, aku biasanya ke pasar bw tas kain bekas tempat goodie bag event😀

    BalasHapus
  7. Tas ini lagi happening banget kayaknya yah. Banyak blogge ryang ngulas produk ini.

    BalasHapus
  8. Mantap kantong ramah lingkungan lindungi bumi dari sampah plastik

    BalasHapus
  9. Tasnya tampak lebih keren, hemat lingkungan pula
    Semoga usahanya laris manis dan jaya terus.

    BalasHapus
  10. Nice info. Memang kesadaran sebagian orang tentang bahaya penggunaan plastik atau kresek masih rendah. Kalau edukasi ditingkatkan, otomatis mereka akan mencari produk ramah lingkungan tapi tetap kekinian sebagai pengganti plastik. Sukses untuk produk ini ke depannya

    BalasHapus
  11. Sebuah terobosan nih karena memang masih jarang orang yang belanja bawa tas sendiri termasuk tas blancuk. Kalo tidak salah kalo aku ke Alfamart pernah ditawari tas daur ulang juga sih.

    Plastik memang makin merajalela, sampahnya makin parah. Banjir yang terjadi juga salah satunya akibat sampah plastik juga.😔

    BalasHapus
  12. ayo ayo semua... order tas ramah lingkungan nyaa

    BalasHapus
  13. Ternyata belacu asal mulanya dari kain mori sebelum diputihkan, menarik, soalnya setau saya klo di tempat saya kain mori yang putih itu biasa digunakan sebagai kain kafan

    Kalau yang sudah dijadikan produk tas ini kesannya punya nilai tambah yg tinggi ya, motifnya pun mengikuti model kekinian dan lucu2, yang apel sih yg saya naksir tasnya

    BalasHapus
  14. Saya kira tas belacuk ini dari kain belacu rupanya dari bahan kain mori ya, informasi banget nih mba, mudah2an nanti dijual juga di tempat saya lagi pengen diet plastik juga biar gak banyak sampah plastik merajalela

    BalasHapus
  15. Aku setuju langkah ini, mengganti kantung plastik dengan tas bahan kain begini sebagai tas belanjaan.

    Lihat di berita tentang polusi limbah plastik dimana-mana yang padahal kita kenal plastik sampai ratusan tahun juga tak akan terurai ..., miris melihatnya.

    BalasHapus
  16. Punya beberapa dapat sbg suvenir workshop. Ditaruh di jok motor biar kalo ke minimarket bisa jadi pengganti tas plastik.

    Tetapi selalu aja lupa tiap belanja. Ujung2nya nambah tas plastik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laah ...,kok bisa lupa ambil tas blacuknya di motor 😱 ?

      Hapus
  17. Tas seperti ini memang menarik, simpel. Aku sendiri biasa bawa tas seperti ini kalau mau futsal. Buat tempat sepatu..hehe

    Buat tempat apa aja sih bisa, karena serba guna juga tasnya dan mudah dibawa kemana-mana ya, Teh..

    BalasHapus
  18. Memang seharusnya kita mulai peduli dengan lingkungan sekitar kita. Sampah plastik telah banyak dan sulit terurai sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Dengan menggunakan tas blacuk ini kita telah mengurangi jumlah sampah plastik. Mari bersama kita jaga bumi dari sampah plastik😊

    BalasHapus
  19. solusi yang bagus di tengah global warming, semoga semakin banyak produk-produk ramah lingkungan seperti ini sehingga kerusakan bumi semakin melambat, kalau bisa berangsur-angsur membaik..

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
  20. Saya pun penggemar tas bahan belacu mbak... udah lama pakai tas ini utk belanja di minimarket. Kl kotor tinggal cuci. Ramah lingkungan banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Atasi Kulit Kering dengan Body Care Scarlett Whitening

  Scarlett Body Care   UMUR  adalah anugerah sebagai masa kesempatan kita hidup di dunia ini. Meskipun demikian, ada hal tertentu yang har...