Selasa, 03 September 2019

Simak Sejarah dan Manfaat Teh Celup Berikut Ini

teh celup
Teh Celup SariWangi

Simak Sejarah dan Manfaat Teh Celup Berikut Ini


Teh merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi beragam minuman di Indonesia. Tidak hanya itu, minuman yang satu ini juga adalah salah satu minuman tradisional yang lekat dengan masyarakat. Salah satu jenis teh yang kerap kita jumpai adalah teh celup. Lalu bagaimana sejarah dari adanya teh jenis ini dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya untuk Anda.

 

Ditemukan oleh Thomas Sullivan


Menurut sejarahnya, teh celup sudah ada sejak waktu yang lama. Teh jenis ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Thomas Sullivan. Sullivan merupakan seorang pedagang teh dan kopi yang berasal dari New York. Dia mengirim sampel teh di dalam sebuah kantong sutra kecil kepada para pelanggannya. 

Dia menggunakan kantong sutra kecil tersebut karena alasan ekonomis. Selain itu, jika menggunakan kaleng, maka biaya pembuatannya akan lebih mahal. Teh yang harus dikemas pun harus lebih banyak. Maka, Sullivan mengirimkan sampel tersebut dengan menggunakan kantong sutra kecil untuk menghemat biaya.

Uniknya, pelanggan Sullivan menganggap kemasan teh tersebut sama saja dengan teh yang dimasukkan ke dalam saringan metal. Lalu, para pelanggan Sullivan melemparkan begitu saja kemasan teh tersebut ke dalam air panas. Baru kemudian, mereka menyadari jika kemasan teh yang menggunakan kantong sutra tersebut terbilang cukup praktis untuk menyeduh teh secara langsung. Lucu, ya. Inovasi terkadang didapat dengan beragam cara tak terduga.

Sejak saat itu, kepopuleran teh jenis ini melejit. Teh ini akhirnya mulai dipasarkan secara komersial di tahun 1904 dan popularitasnya menyebar ke seluruh penjuru dunia secara cepat. Di Indonesia sendiri teh jenis ini mulai terkenal di tahun 1973, dan diperkenalkan sebagai salah satu cara modern untuk menikmati teh selain teh bubuk. 

BACA JUGA: Cara Belajar yang Efektif untuk Anak Usia Dini

Jadi ingat pada novel S. Mara GD yang menulis perihal keberadaan teh celup di Indonesia yang baru populer di kalangan orang berada saja, sekarang teh celup sudah menjangkau beragam kalangan masyarakat dan dianggap hal lazim serta praktis. Saat saya masih kecil sudah kenal teh SariWangi sebagai teh celup pertama yang bagi saya unik banget dan lucu, tinggal celup-celup ke dalam gelas berisi air panas dan jadilah teh yang bersih dari ampasnya sehingga tidak perlu repot menyaring.

Teh Celup yang praktis


Manfaat Teh Celup

Teh jenis ini tidak hanya simpel dalam cara penyajiannya, namun juga mempunyai banyak manfaat. Teh ini memiliki manfaat di bidang kesehatan. Dengan meminum teh secara rutin, maka bisa membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, menghilangkan kepenatan, mengurangi kadar kolesterol, dan juga meningkatkan kebugaran tubuh.

Tidak hanya berguna untuk masalah kesehatan, teh ini juga bisa bermanfaat untuk mempererat hubungan keluarga. Teh ini bisa menjadi pelengkap saat berkumpul bersama keluarga karena cocok untuk diminum baik ketika sedang santai maupun ketika sedang serius.

Biasanya saat saya merasa tegang karena kelelahan atau sedang dalam masalah hormonal, butuh minuman yang menenangkan. Bahkan anak dan suami kerap minta dibikinkan teh celup kalau sedang kumpul bareng. Pada dasarnya saya senang hal praktis maka lebih memilih teh celup agar mereka bisa segera menyesapnya dengan bahagia dan tidak pakai lama. Cukup tambahkan gula jika ingin yang manis plus senyum manis.

BACA JUGA: Tantangan Blogging Setiap Hari

Bahkan, kantong-kantong tehnya juga bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan lain. Misalnya saja untuk meredakan sariawan. Kantong bekas teh bisa digunakan untuk meredakan sariawan karena sifatnya hampir sama dengan obat antiseptik di mana dapat membersihkan luka dan sariawan di dalam mulut Anda. Anda hanya perlu menempelkan kantong teh tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Selain itu, kantong teh celup juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi rasa sakit pada kulit yang terkena sengatan matahari atau berbagai iritasi ringan lainnya. Anda hanya perlu menaruh kantong teh pada bagian kulit yang terkena sengatan matahari. Anda bisa merasakan lega dengan tempo yang relatif cepat.

Uniknya, teh jenis ini juga bisa digunakan untuk mengusir bau mulut. Caranya sangat mudah, Anda bisa merendam kembali kantong teh yang sudah Anda pakai ke dalam air panas. Lalu, saat suhu air sudah kembali normal, Anda dapat menggunakannya untuk berkumur. Hal tersebut karena daun teh bisa bersifat sebagai antibakterial.

Silakan semua tips di atas dari manfaat kantong teh celup dicoba. Lebih murah dan hasilnya cepat nyata.

BACA JUGA: Cara Mencuci Sepatu Olahraga yang Tepat 

Nah, itu dia ulasan mengenai sejarah dan manfaat teh celup yang patut Anda ketahui. Teh merupakan minuman yang lekat dengan masyarakat dan hampir semua kalangan menikmatinya. Selain teh juga merupakan minuman yang cocok untuk semua kondisi terlebih jika diminum dengan es atau diminum hangat.

Bagaimana, pasti senang bisa beroleh banyak manfaat dari teh celup? Mudah didapat dan kaya khasiat. Selain untuk menyegarkan dan melepas dahaga, bisa menghangatkan di segala kondisi cuaca dan suasana. 

Mari nge-teh dan rasakan sensasi kebersamaan dan kehangatan berkat teh celup.

Foto pribadi dengan edit desain Canva



29 komentar:

  1. Saya tidak termasuk orang yg suka minum baik itu teh atau kopi..
    Segala yg berbau manis saya tidak begitu suka, kalau pun harus minum teh, palingan gula nya satu sendok saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem, kadang kita berada di situasi butuh ngeteh karena manfaatnya banyak. Ragam teh juga kian banyak dan praktis. Bahkan, kalau sakit perut cukup atasi dengan minum teh hitam tanpa gula. Itu bisa menyembuhkan

      Hapus
  2. hahaha keren ini mah, saya kok sama sekali nggak pernah terpikir asal muasal si teh celup ini ya.

    Padahal waktu kecil kami nggak tahu teh celup, tahunya teh serbuk yang disaring itu.

    Terus seiring waktu kemaren saya coba beli teh kayak gitu dong, agak repot tapi sepertinya lebih nikmat deh.

    Btw, saya sering banget menyimpan bekas kantong teh celup di kulkas biar bisa dipakai untuk mata, eh tapi sampai berminggu-minggu niat tersebut tetap menjadi niat, nggak pernah tercapai karena lupa mulu hahaha

    BalasHapus
  3. Wih informasi yg bagua. Ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan teh cwlup juga bisa membuat family yime lebih nikmat dan gayeng. Mantab!!!!

    BalasHapus
  4. Saya suka ngeteh bareng keluarga sore-sore sambil ngobrol walaupun tidak setiap hari tapi family time jadi berkualitas

    BalasHapus
  5. ternyata sejarahnya unik juga ya mbak, ditemukan secara nggak sengaja. ini namanya ke enggak sengajaan yang membawa banyak manfaat.
    saya sendiri lebih suka teh dari pada kopi, apalagi es teh....

    BalasHapus
  6. Aku termasuk pecinta teh. Soalnya terbiasa minum teh sejak kecil. Ibuku suka bikin teh tiap sore untuk kami sekeluarga. Pas aku kuliah di luar kota, juga ketemu sesama pecinta ngeteh anak kos. Jadilah sore-sore kami ngeteh, menjajal tiap merek teh dan rasanya.

    BalasHapus
  7. Teh Sariwangi itu ibarat minuman tradisional keluarga yang turun temurun gitu ��
    Tapi baru tahu kalo bisa dipakai untuk kumur-kumur juga, ya. Mau coba aaah

    BalasHapus
  8. Kalo aku udah kecanduan teh, tapi bukan teh celup. Sekeluarga hobi minum teh kalo pagi atau sore, bikin dari teh kepyur atu teh tubruk itu

    BalasHapus
  9. Wahhhh ternyata dulu kantong teh celup itu dari sutra ya. Unik. Sejarahnya nggak terduga banget. Btw, SariWangi ini favorit keluargaku sih. Apalagi aku bukan peminum kopi, jadi lebih suka minum teh melati SariWangi.

    BalasHapus
  10. Lengkaaappp infonya Mbaa :D
    Makasi.
    Aku penggemar teh banget dan siap menikmati aneka faedah teh celup ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  11. Saya dan suami suka bgt minum teh, jg mama dr dlu hoby bkin teh, dr teh yg berbubuk hingga ke teh celup yg lbh praktis, aq bru tw sejarahnya ini, oalaahhh tfs mba

    BalasHapus
  12. Walaupun banyak manfaatnya. Kalau mpo jarang minum teh untuk keseharian. Kalaupun buka puasa hanya minum seteguk buat menganti dahaga.

    BalasHapus
  13. Saya gak ngeh kalo awalnya teh celup ini dikonsumsi orang berada saja. Tapi saya memang masih mengingat sih, di zaman masih kecil, tahun 80-an, yang namanya teh itu pasti teh serbuk. Baru tahun berapaan ya... kalo gak salah 90-an, teh celup tersebar luas, sudah diminum di mana-mana.

    BalasHapus
  14. Wah sama mba..aku juga senang dengan Teh Celup karena kepraktisannya. Bahkan sekarang ada tambahan aroma yg dapat kita pilih sesuai selera ya mba..

    BalasHapus
  15. Aku kalau mau ngeteh juga lebih suka teh celup krn kepraktisannya.
    Setelah diseduh, kantong teh itu simpan di kulkas sebentar, kemudian digunakan utk ngompres mata. Berasa sege.

    BalasHapus
  16. Aku suka ngeteh dan lebih senang pakai teh celup. Praktis mba dan juga enak kok tehnya :)

    BalasHapus
  17. Wahh teh celup sariwangi yaa, keluarga ku kadang minum ini karena wanginya khas dan suka sama teh celup karena praktis dan ampasnya bisa buat masker hehe.

    BalasHapus
  18. Aku jarang bikin Teh nih, lebih sering kopi. Tapi dulu almarhumah ibuku selalu bikin Teh celup setiap pagi. Mau ada yang minum atau enggak, beliau tetap bikin.

    BalasHapus
  19. Kami tiap sore pasti nyeduh teh...sambil makan kue atau camilan...jadinya santai dan ngobrol mbak hehehe...tp bbrp manfaat spt bisa utk sariawan aku baru tau loh..tq for sharing mbak

    BalasHapus
  20. Saya malah mengira penemu Teh celup orang Indonesia saking legendarianya Teh Celup Sari Wangi haha. Ternyata dari Amerika asal-usulnya.

    BalasHapus
  21. Kami sering bikin teh celup. Andalanku yang kotaknya hijau itu hehehe. Praktis sih. Tapi akhir2 ini kadang bikin teh tubruk

    BalasHapus
  22. Aku suka banget ngeteh, pagi atau malam hari sambil ngobrol sama suami. Ini kebiasaan yang sudah sejak lama bareng keluarga di Wonosobo. karena di sana dingin, jadi pagi2 ngopi/ngeteh bareng.

    Btw baru tahu sejarah teh celup.. lucu ya, karena ketidaksengajaan. aku juga ngerasain dulu teh celup itu barang mewah buat kami. Mbah dan mamak sukanya beli teh kiloan, lalu dicampur teh aromamelati supaya lebih harum. hm....

    Sekarang teh celup makin banyak inovasi aromanya, jadi praktis

    BalasHapus
  23. Wah ternyata juga bisa buat berkumur ya... Dewi termasuk org yang selalu sedia teh di lemari:)

    BalasHapus
  24. Kami sekeluarga suka minum teh. Kebetulan di Sukanagara Cianjur Selatan ini kan wilayah perkebunan teh PTPN Viii. Kami jadi banyak minum teh dari pada kopi.

    BalasHapus
  25. Aku termasuk pecinta teh, mau dingin atau panas, dua2nya sama2 nikmat saat diminum. Baru tau, klo teh ini dulunya untuk mengusir bau mulut ternyata

    BalasHapus
  26. Senangnya banyak manfaat dengan mengkonsumsi teh celup ini mbak. Apalagi jadi tahu penemu teh celup ini.

    BalasHapus
  27. Huwooo aku suka teh celup Sariwangi, aku punya stok sekardus di rumah Mba. Sekalian di jaul di warungan mertua.

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Sebentang Jalan Kehidupan Perdesaan

KETIKA kecil, jalan desa yang kukenal selalu tiada perubahan signifikan. Seingatku kenangan akan jalan desa yang pertama kali kutapa...