Selasa, 20 Agustus 2019

Cara Mencuci Sepatu Olahraga yang Tepat


Cara mencuci sepatu


Cara Mencuci Sepatu Olahraga yang Tepat


Olahraga menjadi salah satu sarana yang akan membuat badan kita menjadi lebih bugar. Ada banyak sekali olahraga yang bisa kalian ikuti, seperti lari, sepak bola, badminton, tenis, basket, renang, voli, dan masih banyak lagi.

Semua jenis olahraga tersebut biasanya membutuhkan sepasang sepatu olahraga, kecuali olahraga renang. Hal ini bertujuan untuk melindungi kaki pada saat olahraga. Oleh karena itu, kalian harus bisa merawat sepatu olahraga agar tahan lama.

Nah di dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai cara mencuci sepatu olahraga yang tepat. Perawatan ini bukan tanpa alasan loh. Karena sepatu olahraga umumnya memiliki ‘beban kerja’ yang lebih jika dibanding dengan model sepatu lain. Lalu bagaimana cara merawatnya agar lebih awet? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci. Seperti sikat khusus sepatu, lap kering, sikat gigi khusus untuk sepatu, sabun cuci, dan air. Apabila sepatu olahraga terkena lumpur atau tanah, kalian bisa mendiamkannya terlebih dahulu sampai kering. Lalu bersihkanlah menggunakan sikat sepatu sampai lumpur dan tanahnya menghilang.

Setelah didiamkan selama beberapa saat, kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan air sabun. Di dalam cara mencuci sepatu ini lakukanlah secara menyeluruh, tetapi tidak dengan mengguyurkan semua air sabunnya, itu tidak baik dan bisa merusak bagian lem sepatu. Gunakanlah lap yang sudah dibasahi air sabun. Untuk sepatu yang berbahan kulit dan suede, jangan kalian siramkan dengan air. Gunakanlah pembersih khusus yang biasanya tersedia di toko-toko terdekat. Kulit dan suede termasuk berbahan lermbut dan sensitif, jadi butuh perlakuan khusus pula.

Untuk sepatu olahraga yang putih, kalian bisa menggunakan cairan pemutih yang lembut. Cara mencuci sepatu berwarna putih ini kalian tinggal membasahi ujung lap kering dengan cairan pemutih tersebut. Lalu gosokkan pada bagian yang kotor, itu lebih efektif dalam membersihkan. Lakukanlah pola gerakan yang melingkar. Kalian pun bisa menggunakan pasta gigi, loh, untuk membersihkannya. Langsung taruh di bagian yang kotor lalu gosokan dengan menggunakan sikat gigi.

Laplah bagian luar sol sepatu olahraga kalian dan juga pinggiran dari sol sepatu tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelenturan sol sepatu, dan juga warna dari pinggirannya agar tetap terjaga dengan sangat baik. Cara mencuci sepatu yang selanjutnya adalah dengan melepaskan tali sepatu kalian. Lalu cucilah bagian dalam dari sepatu olahraga kalian. Penting untuk kalian ingat, agar mengeluarkan bantalan pengganjal kaki yang biasanya ada di dalam sepatu olahraga.

Cucilah bantalan tersebut dengan menggunakan air sabun sampai bersih. Sambil kalian mencuci bantalannya, diamkanlah sepatu selama beberapa saat. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Kalian pun bisa menggunakan hal yang sama pada bantalan pengganjal kaki, dengan membilas menggunakan air hangat.

Cara mencuci sepatu olahraga yang berbahan dasar kulit dan juga suede, kalian tidak boleh mengeringkannya atau menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari. Cukup kalian angin-anginkan saja di depan kipas angin atau mungkin dikeringkan di dalam suhu kamar atau ruangan. Hal ini berbeda dengan sepatu dari bahan sintetik. Kalian bisa menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, namun jangan terlalu lama, ya. Nanti warnanya bisa lekas memudar jika terlalu lama dijemur di bawah sinar matahari, atau malah mengerut sehingga bentuknya berubah. .

Nah itulah beberapa cara mencuci sepatu olahraga yang tepat, yang bisa digunakan agar sepatu kalian bertahan lama. Pastinya kalian ingin sepatu olahraga lebih awet, ‘kan. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Sekadar tambahan, memilih sepatu olahraga yang berkualitas baik juga akan membuat sepatu lebih awet, tentunya dengan cara perlakuan dan perawatan yang baik sebagai penunjang. Dengan kata lain, sepatu olahraga bagus tetap butuh perlakuan khusus dalam hal perawatan dan cara membersihkan. Bahwa cara mencuci sepatu pun ada tekniknya.

Semoga tulisan di atas bisa membantu agar cara mencuci sepatu, khususnya sepatu olahraga, bisa dilakukan secara tepat. Itu akan membantu sepatu lebih awet dan terlihat apik meski sudah dipakai berulang kali dalam jangka waktu yang lama.    

Foto koleksi pribadi

46 komentar:

  1. Beberapa orang tidak menyarankan untuk mencuci sepatu mungkin karena belum tahu teknik ya n_n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah baca ini semoga bisa mempraktikkan cara mencuci sepatu yang tepat. Asal tahu cara saja jadi semoga bikin sepatu kita tetap awet. :D

      Hapus
  2. Saya gak punya sepatu olah raga, maklum di kampung, kalau main bola kaki, ya hanya pakqi kaki aaja gak pakai sepatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi asyik juga main bola tanpa alas kaki gitu, apalagi jika maimmya di tempat becek bekas diguyur hujan, seru jika ada yang sampai jatuh terpeleset.

      Hapus
  3. Nice info nih mba, masih banyak orang yang belum tahu caranya membersihkan sepatu dengan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk saya sebelumnya. Yuk, praktikkan agar sepatu keluarga kita awet serta tetap bisa berolah raga tanpa gangguan.

      Hapus
  4. Kirain simple: cuma direndam dan di aduk aduk seperti yang sering saya lakukan ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha, cara simpel yang ternyata berbahaya bagi umur sepatu. Mari pakai cara seperti dalam artikel.

      Hapus
  5. Saya tidak pernah mencuci sepatu badminton saya. Ndilalah rumah kebanjiran. Mau tak mau sepatunya harus dicuci hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, banjir memang merepotkan. Semoga rumah tidak kebaniran lagi.Aamiin.

      Hapus
  6. memang bener mbak, cara cuci sepatu ga boleh diguyur apalagi direndam, haha,

    bagusnya disikat perlahat, atau dilap dengan kain yang sudah dibasahi air sabun, biar sepatu tetap awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha Ha, cuma pakaian yang boleh direndam. Iya, cara sikat perlahan lebih tepat.

      Hapus
  7. trick baru nih buat nyuci sepatu,makasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, agar sepatu kesayangan kita tidak cepat rusak, Kang

      Hapus
  8. wahhh, trik simple ni. hehehe. jangan lupa mampir ke blog aku ya mbak AORLIN(.)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, simpel banget. Mudah dipraktikkan agar sepatu awet
      Sip, nanti main ke blognya. Terima kasih sudah singgah.

      Hapus
  9. Pantesan aja, ternyata selama ini caraku sdikit salah dalam membersihkan sepatu olahraga. Thaks banget ulasanya sangat membantu kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, semoga bisa dipraktikkan agar sepatu bersih dan tahan lama.

      Hapus
  10. Sepatu saya udah mau rusak mbaaa, hiks.

    Padahal belum lama belinya.
    Saya sebenarnya lebih suka sepatu model sneaker gitu, tapi modelnya yang memanjang bukan yang kakinya melebar karena betis saya kecil, dan telapak kaki saya panjang.

    Nah kebanyakan sneaker itu modelnya melebar di ujung, terus jadilah saya beli sepatu yang bahannya sejenis kulit atau apa ya itu.

    Saya ga pernah cuci dengan semangat sih, palingan saya sikat lembut dengan air sabun, terus saya lap dan saya angin-anginkan di ruangan.

    Eh baru 2 bulanan, saya liat kulitnya udah mulai retak2 hiks.

    Padahal itu sepatu saya satu-satunya, saya ga suka koleksi sepatu banyak, biasanya rusak dulu baru beli.

    Memang paling enak tuh pakai sepatu biasa yang flat gitu, dulu sewaktu belum nikah saya penggemar sepatu flat gitu, yang murmer pula, sekitar 50ribuan, dan saya pakai sampai rusak beneran baru beli lagi.

    Tapi kurang pas aja dibawah ke event blogger gitu, terlalu santai, makanya beli jenis sneaker yang bisa buat ke mana-mana, tapi kok cepat rusak hiks.

    Mana sneaker lumayan mihil :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tantangan untuk desainer sepatu agar bisa menciptakan sepatu yang bisa untuk beragam jenis telapak kaki. Saya juga bingung karena sepatu seakan bentuknya berbeda untuk jenis yang berbeda padahal butuh beragam desain.
      Mungkin Mbak Rey harus coba pesan sepatu pada yang jualan sepatu dan menyediakan jasa untuk desain sesuai permintaan pemesan.
      Sneaker memang mahal padahal bagus dan nyaman dikenakan. Andai ada yang sesuai dengan kebutuhan Mbak Rey.

      Hapus
    2. Nah itu biasanya lebih mihil aka mahal mba hahahaha

      Bener, kaki saya tuh panjang tapi langsing, betis saya juga kecil, jadinya sulit cari yang pas, paling pas itu sepatu flat yang ujungnya runcing, dan murmer dulu itu, tapi rasanya nggak bisa dipakai ke segalah situasi.

      Harusnya jadi ide buat pengusaha sepatu yak, biar mendisain yang sesuai bentuk kaki :)

      Hapus
  11. wah ternyata ada cara khusus ya bersihin sepatu..
    aku mah semua ku perlakukan sama.. ku sikat2 pakai sikat gigi + deterjen. hehe..

    untuk sepatu putih ternyata bisa ya pakai pemutih, pantesan sepatu ku yg putih susah hilang noda nya. besok ku coba ah caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kalau sikat sepatu mah harus dilakukan pakai cara khusus, dulu caara saya salah.

      Hapus
  12. Aku biasanya mencuci sepatu ya pakai sikat biasa aja. Kalau ada kesulitan merogoh bagian dalam sepatunya, bisa pakai sikat gigi. Kepatu olahraga agak rempong ya karena banyak yang mesti dibersihkan wkwkwkkw. Sepatu suede mah gampang tinggal dijemur doang. Aku sih tinggal nunggu kering aja, soalnya ada si mpok yang nyuciin sepatu2ku dan keluarga wkwkwkwkwk. Nyonya maunya santai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik juga ada asisten di rumah, jadi urusan cucian bisa beres. Sial sikat gigi sudah tepat, karena ada bagian tertentu yang sulit dibersihkan dengan sikat besar.
      Sepatu anak-anak pan sarat kegiatan dan kerap digeret di jalan berdebu, he he

      Hapus
  13. wah apik sekali, makasih tpisnya.. sepatu anak anak di rumah hampir semuanya kets, jadi mungkin bisa saya coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, senang karena bermanfaat. Masalah cuci sepatu tidak bisa dientengkan karena menyangkut keawetan juga.

      Hapus
  14. Terimakasih untuk tipsnya mbak.. memang untuk sepatu berbahan suede butuh perawatan yang lebih ketimbang bahan lain. Sejauh ini saya jarang mencuci sepatu olahraga.. cukup saya usap aja bagian bawah lalu saya jemur gitu aja.. makasih yaaa..

    BalasHapus
  15. Shiaappp!
    Ini KUDU BANGET dipraktekkan supaya sepatu olahraga awet, ngga bau dan bisa bahu-membahu bikin jiwa raga tangguh dan kuaaattt!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  16. Terima kasih untuk sarannya, mbak. Aku jadi lebih tau bagaimana mencuci dan merawat septu dengan baik :)

    BalasHapus
  17. Ya ampun mba.. aku kalau nyuci sepatu main sikat aja, guyur air bilas sebanyaknya �� pantesan kadang lemnya pada lepas

    BalasHapus
  18. Wah trims mba.. Belum sempat2 nih pergi ke laundry sepatu..akan kucoba cuci sendiri dg panduan yg mba tulis ini. TFS ya mba..

    BalasHapus
  19. Catet! Aku lho udah lupa cara mencuci sepatu. Kalau pergi pakai model sandal sepatu gitu, bukan yanh sepatu betulan

    BalasHapus
  20. Cuci sepatu saya lakukan hampir setiap Minggu. Akhir pekan untuk anak sekolah belajar cuci sepatu sendiri. Saya ibjjya banyu bantu. Tapi karena anaknya emang blm bisa cuci bersih. Jadi ya emaknya yg selalu cuci. Hehehe. Trims tipsnya Teh

    BalasHapus
  21. Wah ternyata ada tekniknya ya.. Selama ini kalo nyuci sepatu olahraga asal dicuci aja.. Baru tau juga ternyata bias pakai pasta gigi. Makasih sharingnya ya mbak..

    BalasHapus
  22. saya mencuci sepatu selama ini termasuk yg mempraktekkan cara ini,
    direndam semua menggunakan air sabun, kemudian dijemur diterik matahari. Pantesan cepat pudar dan ada bagian yg mengkerut, hiks.
    Makasih tipsnya,mba.

    BalasHapus
  23. Aku tuh sedih kalau pas nyuci sepatu cuaca lagi mendung mbak... akhirnya gak bisa langsung kering, kalau sepatu warna putih ada pulaunya hehehe....tp terimakasih mbak tipsnya akan kucoba untuk mempraktekkan nyuci sepatu kets yg bener.

    BalasHapus
  24. Jenis sepatu yg paling ssh di bersihkan mmg sepatu olahraga belum lagi kalau misal warnanya putih, hehehe. Btw tfs mba ��

    BalasHapus
  25. Oh begitu ya..ntar saya coba ah . Selama ini ga pernah direndam sih..tpnytp diguyur air... Lumayan awet sih..apalagi kalau sesuai caranya ya..lbh awet lg mungkin.

    BalasHapus
  26. Pantesan saja ya, sepatu anak-anak di rumah cepat lekang, rupanya karna langsung diguyur dengan air, jadi lemnya pada berlepasan deh. Hahhah. Kirain jadi lebih bersih

    BalasHapus
  27. Aku baru tau kalau bahan suede jangan di siram air gt soale selama ini ya cuci kaya biasa aja pakai sabun, aur dan digosok.

    BalasHapus
  28. aku selama ini kalau nyuci sepatu ya ku guyur semua pake air dan digosok2 pake sabun. hahaha
    baiklah, sekarang kudu lebih ati2 biar sepatunya lebih awet.

    BalasHapus
  29. Praktis banget mbak dan akan saya lakukan untuk mencuci sepatu olahraga si kecil. Btw memang harus perlahan ya mbak biar awet soalnya berkenaan dengan air.

    BalasHapus
  30. terima kasih tipsnya ya mba.. berguna banget untuk saya yang punya 2 anak usia sekolah, jadi lebih mudah membersihkan sepatunya.

    BalasHapus
  31. Makasih tipsnya Mba ROhyati
    sebagian besar sepatuku model sport dan slop olahraga
    Butuh mencuci dengan baik asli.

    BalasHapus
  32. Makasih infonya mba. Akku baru tau nih kalau nyuci sepatu ada tahap tahapannya hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Cara Perpanjang Domain di Niagahoster

PADA t anggal 22 Desember 2018 saya memutuskan beli domain TLD ( top level domain ), itu pun setelah dikompori Kang Nata pemilik blo...