Kamis, 10 Januari 2019

Tidurlah Jika Kau Lelah



SEJAK saya fokus pada blog dan rajin blogwalking, setiap hari boleh dikata jam tidur saya berantakan karena kerap begadang, atau bangun tidur dini hari usai tidur lebih awal yang cuma beberapa jam kemudian menghadap komputer selama berjam-jam. Karena itu, sistem tubuh saya kerap mengumandangkan dering kelelahan, dengan kuap panjang berulang atau malah langsung pulas begitu hanya ingin berbaring sebentar.

Apakah itu membahagiakan? Tak alami kesulitan tidur, malah jadi insan pengantuk yang lekas hanyut dibuai mimpi begitu badan rebahan di hamparan alas kapuk.

Yah, di kala banyak yang insomnia, saya malah bisa lekas tidur secara instan, siap pakai atau siap saja. Pokoknya go ready. He he.

Dan saat menulis ini, saya sungguh sangat mengantuk. Ingin segera memejamkan mata, lalu membaringkan kepala di atas bantal dan tenggelam dalam kehangatan selimut.

Saya bahklan tak tahu akan menulis apa. Tiada konsep. Apa yang tadi dipikirkan malah menguap. Efek mengantuk berat. Saya kelelahan setelah menjalani kegiatan harian. Mencuci pakaian pun cara manual. Lupakan baju yang harus disetrika, hanya baju tertentu, dan saya cuma bisa menyetrika beberapa helai baju saja.

Dengan segala kerepotan dan kelelahan yang saya jalani, rasanya saya harus bersuikur beroleh nikmat tidur. Meski hanya sebentar daripada jadwal tidur yang harusnya normal. Nyenyak atau tidak, yang penting saya bisa tidur.

Nikmat Tidur
KBBI mengartikan tidur sebagai keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata).

Bagi saya tidur adalah saat mimpi yang kemudain ambil alih pikiran dan menciptakan dimensi asing untuk dijelajahi. Saya tidak tahu apakah begitu mata terpejam dan tidur membuai, mimpi segera ambil alih kesadaran dengan kisah penjelajahan menuju dimensi asing tak dikenal. Atau ada saat jeda dulu tanpa tayangan mimpi dalam tidur saya. Kerap kali saya merasa bahwa durasi mimpi itu sangat lama.

Kemarin saya tidur awal karena mengantuk, Palung nonton Youtube di kamar. Saya terjaga karena suatu soal, Palung masih menonton Youtube sampai jam sepuluh malam. Benar-benar keterlaluan apalagi ayahnya juga sudah pulas di samping saya.  

Saya menyuruh Palung tidur. Heran, anak itu bisa menonton Boboiboy tanpa dijeda putus koneksi hotspot ponsel ke komputer. Mata saya sakit dan lamur melihat deret huruf di komputer, jadi putuskan tidur saja. Tak sempat blogwalking pada pengunjung baru, apalagi membalas komentar di blog. Saya sedang siklus bulanan jadi mudah kelelahan. 

Saya bersyukur masih diberi kesempatan Allah untuk mengenal nikmat tudur. Insomnia hanya ada kala lajang. Urusan runah tangga dan blog sudah membuat saya lelah luar biasa.


Tidur membantu kita agar bisa mengistirahatkan tubuh dari rasa lelah maupun beban pikiran. Tidur membantu tubuh agar bisa memperbaiki sel-sel yang rusak. Tidur adalah kebutuhan dasar manusia karena tubuh mengenal siklus waktu dan keterbatasan, serta saat untuk perbaikan.

Bagi saya bisa tidur merupakan nikmat terbesar. Apalagi jika tidurnya pulas tanpa mimpi buruk atau gangguan. Tidur yang dipenuhi mimpi buruk merupakan akumulasi bawah sadar, dari tekanan beban pikiran yang diluapkan kegelisahan.

Selamat tidur.

Semoga Anda tidak alami gangguan tidur. Salan.
Cipeujeuh, 10 januari 2019
#Tidur #Lelah #Insomnia
~Gambar hasil karya Ai Ghina S.M.



9 komentar:

  1. aku juga mba sejak ngeblog aku jadi begadang kalau aku ngantuk ya tidur ntar malam bangun nulis sampe pagi hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi narablog memang harus kerja keras, Teh. Yang berat bagi kita adalah menahan kantuk. Rasanya nyaman jika bisa langsung tidur, tak peduli kerjaan belum kelar atau diburu tenggat waktu.

      Hapus
  2. Ayo Kak banyakin tidurnya, sesuai waktu yang ditentukan karena kalau kurang tidur jadi mudah sakit akibat tubuh kelelahan. Coba blogwalkingnya via HP saja Kak seperti yang saya praktekkan, jadi bisa sambil tiduran juga, kalau ketiduran ya tidak apa-apa hahaha namanya juga tuntutan tubuh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oops, bikin mata rusak loh membaca sambil baringan ...

      Hapus
    2. Ponsel saya 'kan layar kecil, mana nyaman dipakai tiduran. yang ada juga cuma bisa sambil kepala di posisi atas, separuh bersandar. Lalu tak lama kaena mata saya akan lelah dsan bikin sakit mata saja.
      Nasihat Mas Hino benar. Jangan main ponsel sambil tiduran atau berbaring, pikoknya bersandar saja separuh duduk dan posisi kepala berada di atas. Jangan psisi kepala di atas bantal namun kurang tinggi.

      Hapus
  3. Tetap atur waktu dengan baik untuk jaga kesehatan, kak.
    Kurang tidur bisa bikin metabolisme tubuh jadi ngga stabil dan mempengaruhi kesehatan jangka panjang.

    Aku kalau blogwalking kusempat2in tiap punya waktu luang dan mulai menerapkan ngga begadang karena tubuh jadi lemas keesokan harinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mas Hino. Yah, saya tetap punya kebiasaan yang buruk dalam hal tidur karena begadang. Selalau merasa harus segera mengerjakan segala sesuatu dengan batas kemampuan yang selalu terkendala banyak hal.
      Jelajah blog bagi saya sudah merupakan keharusan demi menghargai teman dan kunjungan. Yah, semoga kelak bisa segear punya tablet agar jelajah blognya tak terkendala sarana yang harus di satu tempat.

      Hapus
  4. Cupcupcupppp...

    Istrahat dulu mba, keliatan banget dari tulisan ini mba Rohyati lelah banget :)
    Kalau dipikir-pikir mba itu sama kayak saya, energinya besar banget untuk hal yang amat disukainya, hasilnya kadang energi semangat tersebut mengelabui ambang batas kekuatan tubuh.

    Saya juga kalau weekend sering begadang mba, apalagi kalau harus selesaikan list blogwalking.
    Duuuhhh, sering terjadi saya kelelahan, kurang tidur, hasilnya marah-marah sendiri.
    Makanya beberapa waktu ini saya batasi blogwalking list, pakai yang organik aja.

    Selamat tidur mba, istrahat yang cukup ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Rey. Tulisan yang menunjukkan spirit penulisnya sedang padam akan terasa atau dirasakan pembaca. Baiknya memang istirahat.
      Semangat dan energi kerap berbanding jauh dengan harapan, tak sejalan jika kelelahan.
      Kurang tidur bikin ewmosi kita labil karena kadar oksigen dalam darah kurang dan lebih banyaknya residu beredar serta mengendap di dalam.
      Kayaknya jelajah blog secara organik lebih menenangkan, ya Mbak Rey. Waktu istirahat kita tak disita.

      Hapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Bukan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. Rohyati Sofjan

99.Co Indonesia, Prortal Jual Beli Properti Abad 21

HALANGAN terbesar selama ini dalam mencari atau menjual properti adalah keterbatasan informasi. Tidak heran, jual beli properti bukan...