Minggu, 20 Januari 2019

Steam Train, Dream Train yang Berima







MENDONGENG adalah kegiatan our time yang menyenangkan bagi orang tua dan anak. Ada ikatan tak terbantahkan berkat mendongengi anak sebelum tidur. Anak akan merasa nyaman dan tenteram ketika beroleh limpahan perhatian orang tua lewat kisah yang dituturkan. Ada ajakan untuk mengenal bahasa dan melanglangi imajinasi. Anak diajak melakukan pembayangan tentang dunia di luar diri. Dunia baru di dimensi lain yang luas cakupannya karena dongeng memang kaya fantasi, dalam bentuk apa saja; cerita tentang manusia atau fabel, bahkan komik ilustrasi berbentuk pictbook (picture book). Seperti buku Steam Train, Dream Train (Kereta Api Uap, Kereta Impian).


JUDUL                : Steam Train, Dream Train (Kereta Api Uap, Kereta Impian)
PENULIS            : Sherry Duskey Rinker dan Tom Lichtenheld
PENERJEMAH  : Benedicta Rini
PENERBIT          : Rainbow (Penerbit ANDI)
TEBAL                : 36 Halaman, 26 X 25 Cm
CETAKAN           : 1, 2016
ISBN                    : 978 - 979 - 29 - 5896 - 6
HARGA               : Rp64.000,-

Buku yang dikemas dengan kertas glossy di bagian dalamnya, dan sampul karton tebal warna biru tua yang menggambarkan panorama malam berikut rangkaian gerbong kereta api uap mengangkuti muatan para hewan, adalah buku dongeng pengantar tidur yang sangat direkomendasikan.

Mengapa demikian?


Coba perhatikan ilustrasi bagian dalamnya yang lucu dan imajinatif dalam penjabaran sosok beberapa hewan, disertai pewarnaan yang jelas dan tegas dalam menggambarkan panorama malam dan kegiatan di stasiun kereta api. Polah hewan yang akan menaik gerbong panjang untuk melakukan perjalanan menuju suatu tujuan, berikut kegiatan bongkar-muat barang yang lincah dan atraktif akan menyenangkan anak.

Ya, buku gambar itu ilustrasinya menawan, mengajak  orang tua dan anak untuk melakukan penjelajahan lewat bahasa dan gambar. Namun yang membedakan adalah cara penyampaiannya yang berima sesuai persajakan.

Itulah yang istimewa dari Steam Train, Dream Train (Kereta Api Uap, Kereta Impian), mengajak orang tua dan anak mengenal eksplorasi bahasa dengan gaya tutur yang berbeda lewat kalimat dan gambar. Bahwa dongeng bisa disampaikan dengan ragam pengenalan sastra secara dini; seperti puisi.

Buku ilustrasi itu cocok bagi orang tua yang terlalu kelelahan kala hendak melakukan aktivitas mendongengi anak sebelum tidur. Secara pribadi saya telah merasakan manfaatnya kala mendongengi Palung.

Saya bukan jenis orang yang kuat bicara banyak secara lama. Sinusitis dari kecil membuat saya tersiksa karena suara bindeng, padahal Palung butuh dibacakan dongeng.

Jadinya saya malas bacakan buku dengan kalimat panjang, jika pun lakukan itu, saya akan bilang bersambung kala rahang rasanya kram dan napas sudah kepayahan. 

Steam Train, Dream Train (Kereta Api Uap, Kereta Impian) adalah buku kaya ilustrasi. Meski warnanya cenderung gelap, namun seakan membawa efek penyuasanaan agar anak bisa lekas lelap, memasuki dunia mimpi sambil membayangkan perjalanan mengendarai kereta api uap impian bersama sekawanan hewan, berikut barang-barang yang dibutuhkan sebagai penunjang.

Buku dengan dimensi berukuran 26 X 25 cm itu termasuk besar. Pun kertasnya yang mengilat serta tak mudah robek nyaman dipegang orang tua dan anak. Orang tua bisa membacakan buku yang terbuka dengan cara bersajak yang penuh semangat. Anak bisa memegang lembaran halaman bukunya sambil berimajinasi; bagaimana para hewan bisa bertingkah laku sedemikian menyenangkan, kala mengangkuti barang muatan ke dalam kereta api uap impian.


Secara psikologis buku karya Sherri Duskey Rinker dengan ilustrasi Tom Lichtenheld, sangat cocok untuk dibacakan kepada anak. Anak bisa mengenal bahasa yang berima, namun rimanya penuh semangat, sebagaimana dengan ilustrasinya yang kaya penjabaran gerak.

Lihat saja blurb di bagian belakang bukunya:
Kereta api impian memasuki stasiun, satu per satu gerbong diisi muatan. Beruang kutub mengemas es krim di gerbong makanan, gajah mengisi tangki-tangki dengan cat, kura-kura mengatur mobil balap di gerbong kendaraan, kangguru melmpat-lompat dan mengisi salah satu gerbong yang atapnya terbuka dengan bola-bola. Siapa pun yang bekerja dengan giat mengisi gerbong-gerbong kereta akan bermimpi indah!

Setelah sukses dengan Goodnight, Goodnight, Construction Site sebagai buku anak-anak terlaris #1 New York Times bestseller, kami tim penulis yang sama kembali menulis sebuah buku cerita untuk menemanimu tidur.

Dari paparan di atas saja sudah menunjukkan bagaimana buku itu membagikan enegi positif  kepada anak dengan pemaparan cerita lewat bahasa dan ilustrasi penunjang atraktif dan bersemangat. Saya saja suka kala menyuarakannya. Dan Palung tak peduli intonasi suara mamahnya kacau luar biasa, yang penting mamahnya bercerita dan memperhatikannya. Berbagi saat untuk our time yang istimewa.

Ingatlah, Palung sedang dalam masa tumbuh kembang. Umurnya sudah 9 tahun, ada banyak hal yang harus diajarkan sebelum masa kanaknya berikut kebersamaan kami hilang seiring waktu. Namun semoga kenangan akan masa dibacakan buku cerita tak lekang, meski mamahnya hanya sesekali saja mendongengi.

Mengapa Mengenalkan Permainan Rima kepada Anak Penting?
Coba simak kalimat di bawah ini, kalimat dalam buku Steam Train, Dream Train (Kereta Api Uap, Kereta Impian):

Cerobong mengepulkan asap, roda-roda besar berputar kencang.
Gerbong-gerbong kuat tertutup di belakang.
Teng! Teng! Bel di atas sana nyaring berbunyi.
Uap berdesis. Rem memekik. Dan kereta BERHENTI!

Dari pemaparan kalimat di atas yang berkisah dengan rima terjaga, kita akan diajak menjelajahi suasana lewat panca indra yang serempak bekerja. Anak diajak membayangkan dengan netra, melihat bagaimana bentuk uap dengan gambar ilustrasi. Lalu suara yang dituturkan orang tua kala mendongeng. 

Anak juga diajak mendengarkan bebunyian dentang bel, desis uap, pekik rem, serta roda yang mendecit kala kereta pada akhirnya berhenti di suatu stasiun dengan calon penumpang sabar menunggu beserta muatan masing-masing.

Tokoh penumpang pun unik, dengan koala sebagai masinis. Lalu brontosaurus, t-rex, gajah, jerapah, penguin, beruang kutub, kangguru dengan anaknya, monyet, kelinci, llama, tikus, dan kura-kura; mereka merupakan para penumpang yang manis. 


Saya rekomendasikan buku ini untuk dibacakan kepada anak. Sangat bagus sebagai buku pengantar tidur. Saya tak lelah cuap-cuap, malah terbawa semangat untuk menyuarakan cerita dalam rima. Meski saya memiliki keterbatasan karena tak punya sensor untuk mengatur intonasi suara, namun Palung sangat menyukainya. Ia akan puas lalu memejamkan mata dan mencoba tidur, begitu kami menutup buku bergambar yang membawa efek hipnotis untuk lelap berkat pewarnaan dengan dominasi gelap.

Oh ya, saya juga reseller Penerbit Andi, khusus untuk buku terbitan Rainbow. Jika berminat beli, silakan pesan dan hubungi saya. Khusus untuk yang sangat serius saja, ya. Silakan lihat bagian halaman ABOUTME untuk tahu alamat kontak saya.

Sebenarnya saya tak tahu apa bukunya masih harga lama karena belum menghubungi Mbak yang mengatur soal penjualan dan pembelian buku di Penerbit Andi. Namun kalau tak berminat beli kepada saya juga tak mengapa. Saya iseng saja jadi reseller, he he. 


Saya berniat beli buku satunya lagi, Goodnight, Goodnight, Construction Site. Saya suka rima yang dibawakan oleh Sherri, hasil penerjemahan oleh Benedicta Rini juga apik. Rasanya buku demikian jarang ada, buku bagus untuk anak dengan rima yang terjaga namun ilustrasi sangat menunjang cerita, pun teknik gambar dan pewarnaannya yang bisa membuai anak agar segera lelap.
Salam.
Cipeujeuh, 20 Januari 2019
#SteamTrainDreamTrain #KeretaApiUapKeretaImpian #SherriDuskeyRinker #TomLichtenheld #BenedictaRini #RainbowChildrenBook #PenerbitAndi #BukuAnak #Berima #PictBook
~Foto dokumentasi pribadi


6 komentar:

  1. Ada pembelajaran tersendiri di bukunya,
    bukan cuma wawasan buat anak tapi orang tua juga ikut dibawa mengalir didalam ceritanya
    ilsutrasinya juga keren mbak ini

    BalasHapus
  2. sepertinya buku ini layak jadi referensi untuk di simpan di perpustakaan mini, agar ketika sedang ada di rumah bisa mendongengkannya pada c bungsu.

    BalasHapus
  3. Udah lama banget saya ga baca buku cerita bergambar, jadi ingat dulu ada koleksi buku cerita dongeng yg banyak.. Hobi banget minta dibacakan ibu sebelum tidur siang 😁ilustrasi bukunya juga menarik ya, saya aja suka walaupun bukan anak-anak lagi 😅

    BalasHapus
  4. Buku-buku dongeng, seperti yang satu ini, bagus sekali untuk/sebagai pengantar tidur anak-anak. Karena bahasa yang digunakan juga menarik, berima, dan anak tidak sekadar mendengar dongeng, karena apabila didongengkan mereka juga sambil melihat gambar-gambar/ilustrasi di dalam bukunya. Keren.

    BalasHapus
  5. Kereeenn ya mba bukunya, duhhhh kalau gak sungkan ama buku-buku yang udah nyaris bikin rak hancur saking banyaknya dan sebagian belum kebaca, pengen deh beli wkwkwkw

    Saya juga agak kurang suka bacain dongen anak dengan kata-kata yang banyak mba, samaaa... saya juga ada sinus dan ganggu bangettt.

    Apalagi kalau saya berbicara sambil tiduran, sampai2 ga bisa napas loh huhu

    Anak saya yang sulung sekarang lebih suka baca komik sendiri, kadang juga baca bareng sih, tapi dia yang baca, saya dengerin aja.

    Kalau yang bayi saya belikan buku-buku buat bayi yang mengenal benda sih, ada 1 set dan itu saja yang diulang2 baca.

    BalasHapus
  6. Wah buku dongeng kereta api uap ini wajib kubaca ..., buat nebus kekecewaan waktu ke museum kereta api di Ambarawa, gagal naik kereta uap :(
    Karena diluar hari Sabtu dan Minggu, tour kereta uapnya ngga operasional.

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Bukan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. Rohyati Sofjan

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi!               Foto dari Indah Nuria Savitri Deskripsi Berkunjung ke daerah Lampung,...