Sabtu, 17 November 2018

Rahasia Mona: Hadiah Giveaway dari Lia Herliana dan Penerbit Tiga Ananda



Alhamdulillah, akhirnya kado manis untuk milad 9 tahun Palung dari giveaway yang diadakan Teh Lia Herliana dan Penerbit Tiga Ananda (Imprint Penerbit Tiga Serangkai)  diterima kami dengan selamat.

Amplop kertas manila cokelat muda berisi sebuah buku SERI CERITA SUPER PEMBENTUK KARAKTER dengan judul Rahasia Mona membuat saya penasaran sekaligus heran. Ha ha, judulnya itu pakai rahasia segala. 


Dan, yah, meski kisah tentang anak perempuan namun bisa diaplikasikan pada anak lelaki juga. Gender cuma contoh. Palung tak usah kecewa meski ceritanya bukan tentang cowok, tetap pas baginya karena menyangkut interaksi antarsesama dan pergaulan yang baik itu bagaimana.
Mari kita mengenal Mona itu seperti apa!



JUDUL                : Rahasia Mona
PENULIS           : Lia Herliana
ILUSTRATOR    : Herni Nurul Fajri
PENERBIT         : Tiga Ananda
CETAKAN          : 1, Juli 2018
HALAMAN         : 32 Halaman, 24 Cm
ISBN                   : 978-602-366-478-8
HARGA              : 25.000,00 Rupiah (Harga di P. Jawa)




Jadi Teman yang Asyik Itu Kayak Gimana?

Hem, soal asyik atau tidaknya seseorang bisa dibentuk sejak kecil lewat pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan sehari-hari sang anak di luar rumah.
Ada banyak anak yang gagal karakter sehingga masuk kategori pribadi tak asyik untuk bersosialisasi karena orang tua tak menanamkan sendi-sendi kehidupan sosial dalam berinteraksi secara baik. Bukankah keluarga adalah pilar utama pembentuk watak anak?
Dan buku bacaan khusus untuk anak membantu pembacanya (anak dan orang tua) agar lebih paham sekaligus peka akan interaksi plus afeksi sosial. Berkat nilai dan norma yang dipaparkan.



Buku dengan ilustrasi yang menarik plus isi yang mudah dipahami akan membuat anak betah membacanya sampai tuntas dan menerima serapan pembelajaran secara lebih komunikatif.
Ya, buku tidak hanya berfungsi edukatif tetapi komunikatif, bahwa pesan pendidikan karakternya akan disampaikan dengan baik dan tepat sasaran.
Seperti biasa nilai-nilai yang dipaparkan Lia Herliana adalah idealismenya sebagai seorang ibu sekaligus penulis. Ia telah melihat secara langsung bagaimana dunia anak dan mengobservasinya, lalu terbentuklah kisah dalam SERI CERITA SUPER PEMBENTUK KARAKTER.


Rahasia Mona hanyalah satu rangkai dari rangkaian kisah seri lain. Menyangkut tata pergaulan dengan sesama di lingkungan rumah, sekolah, tempat bermain, atau di mana saja.
Inti cerita memang bagaimana cara berteman dan menjadi teman, namun semua itu butuh upaya anak sendiri agar mampu membaur dalam lingkungan. Jika anak telah memiliki kemampuan tersebut sejak dini, maka diharapkan kala besar sampai dewasa ia tak alami kesulitan dengan lingkungan mana pun.
Ini yang dimaksud dengan kemampuan adaptasi. Mona yang baru pindah rumah dan sekolah tak alami kesulitan dengan lingkungan barunya, ia luwes bergaul dan berinteraksi dengan sesama sehingga banyak teman dan disukai siapa pun yang mengenalnya.



Lewat tokoh Elen sebagai pengamat, sifat Mona dipaparkan dengan kalimat singkat sekaligus gambar ilustrasi sebagai penunjang pesan. Betapa Lia berupaya persuasif secara halus sehingga anak sebagai pembaca tak merasa digurui, sebaliknya dimotivasi.
Memang demikianlah buku bacaan untuk anak yang baik. Ada kesan atau impresi yang bisa menginspirasi anak. Bukankah anak akan merasa senang dan bahagia jika ia masuk kategori anak baik? Itu akan meningkatkan rasa percaya diri anak, dan mampu menghargai orang lain karena watak dasarnya berupa penghargaan pada diri sendiri telah terbentuk.



Saya senang beroleh buku hadiahnya, bagi saya ini adalah bacaan bagus untuk Palung yang malas membaca. Mulai lagi perkenalan awal pada buku dengan sedikit teks dan ilustrasinya mampu membawa pembayangan. Imajinasi diajak melanglang lewat gambar, namun teks menanamkan kesadaran pendidikan budi pekerti sejak dini tanpa paksaan. 


Rahasia Mona akan lebih seru lagi jika ditemani kisah SERI CERITA SUPER PEMBENTUK KARAKTER yang lain. Ada Rumah Paling Istimewa, Roza Serbabisa, Pahlawan Beraksi, Tantangan untuk Leo, dan Arumi yang Beruntung.

Mari kita ajak anak jelajahi kisahnya, membaca buku khusus untuk anak adalah laku menyenangkan bagi anak sendiri. Teks dan gambar ilustrasi yang ceria serta lembut dengan warna pastel cocok bagi anak agar betah melihat dan menyimak. 

BACA JUGA: Lia Herliana dan Pakem Cerita untuk Anak 
Di bagian akhir ada halaman khusus tentang opsi lewat permainan mengikuti jalur maze. Dan ada halaman daftar nama sahabat yang bisa ditulis anak. Eh, siapa tahu dengan ini anak jadi suka menulis selain membaca.
Salam.
Cipeujeuh, 17 November 2018

#BukuAnak #Review #LiaHerliana #TigaAnanda #Hadiah #DariGiveaway #BacaanSehat #PicBook
~Foto hasil jepretan ponsel ANDROMAX PRIME~
~Poster Giveaway dari Lia Herliana di akun Facebook~

7 komentar:

  1. setuju dengan ini: membaca buku khusus untuk anak adalah laku menyenangkan bagi anak sendiri.

    Anak saya juga lagi susah diajak baca Mbak..tergoda yang lainnya
    Sementara yang ringan saja bacaannya
    Buku Rahasia Mona sebagai bagian dari Buku Super Pembentuk Karakter memang pas sekali buat anak nih..
    Selamat untuk hadiah give away nya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau malas baca harus diberi variasi bacaan yang membuatnya senang. Picbook dan komik tetap dibutuhkan kala anak malas baca buku dengan teks yang banyak karena ada hal lain lebih menarik minatnya. Kayak main di luar.
      Beginilah anak zaman sekarang, ada gawai atau hal lain yang lebih beragam untuk mengisi dunianya.
      Senang banget dapat buku Rahasia Mona, menambah koleksi buku Palung.
      Makasih, Mbak Dian.

      Hapus
  2. Palung malas baca mbak? Wahhh,,, coba deh mulai dibacakan aja dulu, nanti lama2 akan suka. Ibu saya dulu gitu, suka membaca cerita untuk saya, meskipun saya ga ngerti akhirnya jadi suka dan penasaran sendiri.

    Buku ini cocok nih buat anak2 pastinya untuk menanamkan karakter baik pada si anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gawai bikin dia lebih punya banyalk variasi untuk isi waktunya. Baca jadi nomor sekian. Terima kasih sarannya, saya akan berupaya selalu mendongengi Palung sebelum bobo. Kerap kali saya bobo duluana dan anak itu masih nonton film di komputer.
      Buku Rahasia Mona semoga bikin Palung lebih supel dan sadar ada banyak manfaat dari buku ketimbang main dan nonton melulu. Harus ada porsinya.
      Bang Sabda pasti bahagia punya iobu yang suka dongengin. Duh. :)

      Hapus
  3. Senang banget ya kalau menang giveaway hadiahnya buku, saya juga pernah hadiahnya buku tentang dokter gigi, daaann belum sempat saya ulas udah hilang duluan, sebal banget saya hiks.

    Anak saya suka baca mba, tapi maunya komik, nggak suka baca yang tulisan doang.

    Beda ama saya, kalau saya mah (dulunya) apa saja di lahap bacaannya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Bukan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. Rohyati Sofjan

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi!               Foto dari Indah Nuria Savitri Deskripsi Berkunjung ke daerah Lampung,...