Sabtu, 03 November 2018

Likuefaksi

 


TRAGEDI bencana alam di Palu dan Donggala telah mencuatkan istilah, likuefaksi. Sayangnya likuefaksi kerap disalahtuliskan (atau disalahucapkan) sebagai likuifaksi. Makanya di lini masa saya berseliweran bahasan likuifaksi dari sebaran berita daring atau status tulisan orang lain.
Dalam album KOSA KATA KITA PEKAN INI dari Badan Bahasa yang dibagikan Ivan Lanin dan singgah di beranda facebook saya; likuefaksi bermakna fenomena hilangnya kekuatan lapisan tanah akibat beban getaran gempa. Dalam album itu disertakan ilustrasi penjelas berupa tanah padat dan tanah cair (liquefied soil) yang dibandingkan. Hal demikian akan memudahkan masyarakat untuk paham bentukan tanah yang dibedakan.
Likuefaksi berlangsung pada tanah berpasir yang mudah terendam air, seperti tanah di Kota Palu yang dekat dengan laut. Likuefaksi berasal dari kata serapan liquefaction


Perkara mengapa ada perbedaan penulisan likuifaksi dengan likuefaksi sekarang ini barangkali berkaitan dengan pembenahan dari Badan Bahasa sendiri. Meluruskan sesuatu yang sudah telanjur ada karena berkaitan dengan kaidah penyerapan kata.
Ya, likuifaksi sebelumnya sudah lama ada dan jamak dipakai di mana-mana oleh media lokal dan nasional, bahkan blog mengenai geologi maupun biologi yang banyak bertebaran.
Dalam ilmu biologi dikatakan bahwa sperma yang kental akan mencair (liquefaction) pada suhu kamar dalam waktu 15-20 menit. Hal ini terjadi karena daya kerja enzim seminin yang dihasilkan oleh kelenjar prostat. Jika dalam waktu setelah 20 menit belum mencair berarti ada kelainan pada sistem koagulasinya, yaitu pada enzim seminin yang dihasilkan oleh kelenjar prostat. (Sumber: https://www.softilmu.com/2015/12/pengertian-struktur-dan-proses-pembentukan-sperma.html)
Sedang dalam ilmu geologi dikatakan bahwa pencairan tanah atau likuefaksi tanah adalah fenomena yang terjadi ketika tanah yang jenuh atau agak jenuh kehilangan kekuatan dan kekakuan akibat adanya tegangan, misalnya getaran gempa bumi atau perubahan ketegangan lain secara mendadak, sehingga tanah yang padat berubah wujud menjadi cairan atau air berat. (Sumber: Wikipedia.)


Likuefaksi dalam ilmu biologi dan geologi berbeda sangat jauh artinya, yang satu berkaitan dengan kesuburan, sisanya berkaitan dengan fenomena alam. Boleh dikata, likuefaksi sebagai kata serapan yang bersifat homonim (kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berlainan).
Likuefaksi sebagai kata serapan dari bahasa asing hanyalah salah satu contoh bahwa istilah yang berkaitan dengan keilmuan kadang diserap dari bahasa lain, dan cara pengindonesiaannya mengikuti kaidah yang sudah ditentukan dalam ilmu linguistik. Hal itu diatur pula dalam PUEBI mengenai kaidah pembentukan serapan istilah asing.
Perihal mengapa sebelumnya ada likuifaksi yang dibetulkan jadi likuefaksi sekarang ini, barangkali berkaitan dengan cara penulisan kata serapan yang mengikuti kaidah berupa beberapa penyesuaian agar memudahkan masyarakat penggunanya.**
Cipeujeuh, 13 Oktober 2018

Dimuat di koran Pikiran Rakyat, Ahad, 28 Oktober 2018

#Bahasa #Likuefaksi #WisataBahasa #BahasaIndonesia #KataSerapan #IvanLanin #Badanbahasa #PikiranRakyat #2018
~Foto dari Pak Imam J.P. yang dibagikan di WAG KLINIK BAHASA~


 

4 komentar:

  1. kalau gak kesini, saya saya bakal nulis likuifaksi mulu. *masih butuh belajar nulis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he, makasih sudah singgah. Senang tulisan saya bisa bermanfaat bagi yang baca. :)

      Hapus
  2. Trims mba, duh jadi malu. Pada salah 1 blog saya, membahas tsunami dan likuifaksi. Harusnya likuefaksi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya likuefaksi, Bang. Soalnya bearsal dari kata serapan. Semoga bisa diedit nantinya. Terima kasih juga sudah baca. :)

      Hapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Bukan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. Rohyati Sofjan

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi!               Foto dari Indah Nuria Savitri Deskripsi Berkunjung ke daerah Lampung,...