Kamis, 01 November 2018

Blog Baru Rohyati Sofjan






SAYA ini gaptek, dan ketika alami masalah dengan blog https://rohyatisofjan.blogspot.com, berupa selalu tak bisa berkomentar di kolom komentar teman yang dikunjungi karena berada di luar blog padahal saya tak keluar (log out) dari akun Google; saya frustrasi.


Iyalah, beban pekerjaan saya banyak, antara urus rumah berikut anak dan suami, plus lanjutkan menulis sekian esai yang tertunda untuk dikirim ke media. Saya sudah coba cari cara, barangkali ada yang salah, tak sengaja lakukan pengaturan lain yang tak bisa diperbaiki lagi. Namun tak kunjung berhasil, dan saya lelah.

 

Setelah tidur siang sebentar tadi, mandi, lalu minum kopi Good Day rasa Moccacino, saya putuskan untuk bikin akun gmail baru di rohyatisofjan03@gmail.com.
Duh, napa tak angka 2018 saja sama seperti judul alamat blog saya, ya? Dasar!
Baiklah, saya jelaskan bagaimana cara membuat akun baru di Google untuk blog. 

1.   Buka gmail dan buat akun pos-el sesuai pilihan Anda.


2.   Setelah semua proses selesai langkah demi langkah, Anda akan terhubung dengan Google, satu akun gmail Anda akan terhubung dengan semua. Untuk blogger, Youtube, Google plus (G+), dan yang lainnya.

 
3.   Buka blogger maka Anda akan beroleh tampilan seperti di bawah ini:


4.   Setelah ketuk tombol BUAT BLOG maka Anda akan berada di layar ini: 


5.   Pilih opsi profil apakah akan Google+ atau blogger, saya pilih Google+.
6.   Anda akan diminta untuk membuat profil Google+ publik, ketuk tombol BUAT PROFIL yang menyala biru di kanan bawah.


7.   Silakan isi foto dengan menyesuaikan avatar pilihan. ketuk ikon bulatan kamera biru:


8.   Selanjutnya Anda akan berada di halaman baru, unggah foto yang diinginkan dengan cara mengetuk UPLOAD FOTO:


9.   Kemudian di bagian bulatan R biru akan otomatis berubah menjadi bulatan foto Anda, artinya proses mengunggah foto berhasil. Ketuk tombol biru di pojok kanan bawah. SIMPAN:


10.                 Setelah itu akan muncul layar seperti yang di bawah, Anda diminta untuk ketuk tombol oranye LANJUTKAN KE BLOGGER:


11.                 Anda akan berada di layar ucapan selamat datang, lalu ketuk tombol oranye lagi berupa BUAT BLOG BARU:


12.                 Isi kolom JUDUL dan ALAMAT:


13.                 Saya sendiri bikin dengan nama seperti di bawah ini:


14.                 Kemudian akan muncul jendela Google Domains, saya ketuk LAIN KALI karena blog saya belum punya domain, belum ada modal untuk beli domainnya, he he:


15.                 Selamat, Anda berhasil menyelesaikan semua tahapan. Sekarang lanjutkan pada tombol di bawah ini jika hendak mengisi blog dengan ketuk BUAT POSTINGAN BARU yang dibirukan:


16.                 Selanjutnya akan tampil layar seperti ini, tinggal mengisinya secara langsung atau lewat aplikasi mengetik. kalau saya di ms word dulu lalu disalin-tempel (copas) ke ruang mengetik (ENTRI):


17.                 Jika telah selesai mengetik atau salin-tempel (copas) Anda tinggal menambahkan foto-foto dengan cara mengunggahnya di ikon tombol picture  yang jika kita geser ke arahnya maka akan ada tulisan insert image tepat di tengah link dan insert a video:

18.                 Inilah bagian untuk menyisipkan foto atau gambar, kalau untuk video mah di sebelah kanan layar dari insert image:


19.                 Selesai semua proses tinggal isi SETELAN ENTRI mau yang gimana di pojok kanan. Isi LABEL mau tentang apa. Kalau saya TIPS DAN CARA soalnya bingung ini tentang apa, ya, he he. Bisa diganti kalau mau dengan cara edit label:



Selesai sudah pengisian blognya. Kita akan berada di tampilan baru, maka ketuk LIHAT jika ingin melihat hasilnya, atau EDIT jika ingin mengedit.


Duh, saya bingung mau lanjutkan apa. Intinya saya harap blog baru yang dibuat dengan susah payah ini tak ancur lagi tampilannya. Makanya saya belum berani main seting alias ubah macam-macam.
Tulisan pertama ini semoga berguna bagi narablog/bloger (blogger) pemula.
Terima kasih sudah baca. Saya akhiri dulu karena Palung pundung ingin segera menonton film “Peter Rabbit”.
Cipeujeuh, 1 November 2018

#BlogBaru #CaraMembuatBlog #Blogspot #Narablog #MamahPalung #BaluburLimbangan #November2018
~Foto hasil tangkapan layar sendiri dari netbook Acer Aspire One Pro 10 keluaran pabrik Juni 2009~















 











8 komentar:

  1. Tes komentar. Gak tahu apa baiknya ganti tampilan atau tetap seperti yang ini. Bingung. Napa pula ukuran huruf malah kecil padahal sudah diatur agar di word 14 lalu kala dipindahkan ke blog di bagian entri dibuat large. Duh, bingung. Belum masukin sekian logo grup blog dan hal lainnya. Akan makan banyak waktu untuk desain blog baru.

    BalasHapus
  2. Apakah selain pengguna Google bisa komen di sini, ya? Atau khusus untuk Google saja? Entahlah. Mau coba blogwalking ke blog teman lain.

    BalasHapus
  3. Selamat Run! Semoga makin produktif membagi pemikiran di blog baru 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berkunjung dan uji coba komen, Tiara.
      Sip. Insya Allah, aku akan bereupaya konsisten maka mulai lagi dari awal agar paham dan terstruktur.

      Hapus
  4. Bagus, dr yg sederhana, akan sangat berguna...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Insya Allah. Blog masih harus dibenahi dulu agar isi dan tampilan sesuai.

      Hapus
  5. Wah tutorialnya keren dan pastinya berguna mbak, ayoo..terus berkarya mbak, karya2 tulisan mbak bagus2 loh..... ayo cemungutz...

    Untuk problem mbak, saya belum nemu solusinya, tapi sepertinya menarik utk dicari tahu penyebabnya.

    sementara ini , Mungkin ada settingan yang salah pencet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Kang. Saya malah bikin tutorial segala padahal niatanya mau curhat dan minta tolong. Hi hi, konyol, ya.
      saya sudah nemu penyebabnya, itu karena ada penambahan dari peramban Firefox Developer Edition yang biru, entah tak sengaja saya pencet atau telah mereka tambahkan dalam hal ketatnya pengamanan.
      Nanti saya akan tulis soal itu dalam postingan baru. Benahi tampilan blog baru dulu, Kang.

      Hapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Bukan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. Rohyati Sofjan

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi

Pesona Keindahan Pahawang Wajib Anda Kunjungi!               Foto dari Indah Nuria Savitri Deskripsi Berkunjung ke daerah Lampung,...